UC News

Umuh Muchtar Tiba-tiba Mundur, Persib Malah akan Mengalami Perubahan Positif Ini?

Secara mengejutkan, manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar mengumumkan pengunduran dirinya sebagai manajer tim Maung Bandung. Keputusan tersebut terbilang tiba-tiba di tengah persiapan Persib jelang Liga 1 2020.

Umuh Muchtar Tiba-tiba Mundur, Persib Malah akan Mengalami Perubahan Positif Ini?
Gambar: goal.com

Kabar mengenai mundurnya Umuh sebagai manajer Persib disampaikan sendiri oleh sosok yang akrab disapa Wak Haji tersebut.

"Saya sekarang di Persib cukup dengan jabatan Komisaris, tidak ada lagi namanya saya jadi manajer." kata Umuh.

Namun menurut penulis, mundurnya Umuh justru bisa membawa perubahan positif di tubuh Persib Bandung. Perubahan itu adalah pelatih yang juga merangkap sebagai manajer. Hal ini dijelaskan oleh pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

"Di Eropa ini hal yang normal, karena pada prinsipnya di Eropa, pelatih itu merangkap manajer. Di Inggris, di Belanda dan dimana pun seperti itu. Tapi di Asia memang berbeda karena ada manajer tim dengan peran yang spesifik dan pelatih juga dengan peran yang spesifik, tapi saya rasa beberapa tim sudah mulai melakukan itu (manager coach) seperti Selangor dan JDT," jelas Robert, dilansir dari persib.co.id (27/02/2020).

Gambar: bola.net

Ya, tentunya Persib bisa meniru kiblat di Eropa dengan menjadikan Robert sebagai pelatih sekaligus manajer. Hal ini bisa menjadi perubahan yang positif karena pelatih akan memiliki kuasa penuh dalam mengatur timnya tanpa adanya intervensi dari manajemen klub.

Sebagai contoh, pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer pernah pula menjelaskan bahwa fungsi pelatih yang merangkap manajer akan membuat sebuah tim bisa diatur dengan lebih kompleks.

Gambar: mirror.co.uk

"Tugas saya tidak hanya sebagai pelatih, tetapi juga manajer tim. Hal ini akan lebih mempermudah kami dalam mengatur tim melalui cara yang terperinci." kata Solskjaer.

Nah, bagaimana komentar kalian sahabat UCers?

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot