UC News

Valentino Rossi Ungkap Mengapa Dirinya Masih Bisa Balap MotoGP di Usia Hampir 41 Tahun

Valentino Rossi Ungkap Mengapa Dirinya Masih Bisa Balap MotoGP di Usia Hampir 41 Tahun

Valentino Rossi merasa senang dengan hasil tes MotoGP Malaysia dan M1 2020

OtoRace.id - Valentino Rossi akan menginjak usia 41 tahun di musim MotoGP 2020, ketika dirinya berulang tahun di 16 Februari.

Tentunya, ini bukanlah usia yang bisa dikatakan muda bagi pembalap yang berlaga di MotoGP.

Namun, Valentino Rossi masih tetap bisa podium dan musim lalu dan masih menjadi pembalap tercepat ke-5 di sesi tes MotoGP Malaysia pekan lalu.

menjadi menarik, pernyataan Valentino Rossi kepada GPone.com bisa menjadi rahasia mengapa dirinya masih tetap bisa cepat di usia yang nyaris 41 tahun beberapa hari lagi ini.

(Baca Juga: Aleix Espargaro, Pembalap Paling Bahagia Pada Tes Sepang)

Salah satunya, karena peran elektronik di motor MotoGP 4-tak atau bisa dibilang era MotoGP modern.

"Nampak kalau di MotoGP sekarang ini, menguasai pengereman motor sangat penting dan kami bekerja sangat banyak dengan hal ini," ujar juara dunia 9 kali itu.

Memang, untuk sisi pengereman, selain rem yang dilakukan oleh pengendara, peran elektronik untuk mengatur engine brake dan deselerasi mesin sangat penting.

"Kami cukup menderita di masa lalu, tetapi kami berhasil membuat kemajuan. Terima kasih kepada orang baru yang menangani elektronik," ucap Rossi yang beberapa tahun belakangan ini selalu bermasalah dengan roda belakang YZR-M1 akibat slip berlebih di tikungan.


Valentino Rossi merasa senang dengan hasil tes MotoGP Malaysia dan M1 2020

(Baca Juga: Honda Jadi Pabrikan Paling Bermasalah Pada Tes MotoGP Malaysia)

Valentino Rossi cetak bestlap di kisaran 1 menit 58 detik di tes MotoGP Malaysia 2020

Bisa dibilang kalau Yamaha memang pabrikan yang terlambat untuk menangani elektronik di beberapa tahun belakangan ini.

Namun selain itu, ada hal lain yang membuat Valentino Rossi masih bertaji dan bahkan mencetak waktu 1 menit 58 detik di sirkuit Sepang, di tes MotoGP Malaysia kemarin.

Yaitu mengenai kesenangannya untuk membalap, dan ditambah kalau Yamaha YZR-M1 saat ini semakin mudah untuk dikendarai.

"Jika saya berkendara seperti beberapa tahun lalu, saya akan menjadi lambat. Motor ini telah memiliki kemajuan, ban berkembang, dan kamu perlu melihatnya dengan cara lain," bilang The Doctor.

(Baca Juga: Tercepat ke-5 di Tes MotoGP Malaysia, Valentino Rossi Berikan Penilaian Kepada Crew Chief Barunya)

Menurut Rossi, memang semakin tua (usia) pembalap akan mendapatkan hal sejalan dengan usianya, termasuk kondisi fisik dan tes MotoGP Malaysia kemarin adalah hal tersulit yang dialaminya.

"Itu berat, bahkan untuk pembalap muda. Tetapi saya berlatih banyak selama musim dingin kemarin, dan sekarang saya dalam kondisi terbaik jika dibandigkan tahun lalu," aku Valentino Rossi.

"Motor MotoGP sekarang adalah motor paling menyenangkan yang pernah saya kendarai. Sebelumnya, motor sangat sulit dikendarai, sehingga kamu membutuhkan kemahiran teknik. Tapi (motor MotoGP) sekarang, kamu membutuhkan banyak keberanian," tutup Rossi.

(Baca Juga: Valentino Rossi Sudah Menjajal Holeshot Device Yamaha, Begini Katanya)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot