UC News

Viral Mi Instan Direbus Bersama Bungkusnya, Ini Komentar Ahli Kimia LIPI

Viral Mi Instan Direbus Bersama Bungkusnya, Ini Komentar Ahli Kimia LIPI
Referensi pihak ketiga

Viral tukang bakso merebus mi instan bersama bungkusnya (Foto: Tangkapan layar Twitter)

Referensi pihak ketiga

Jakarta - Viral diperbincangkan di media sosial pedagang bakso memasak mie instan dan bungkusnya secara bersamaan. Tentu ini akan berbahaya bagi kesehatan karena plastik mengandung zat-zat berbahaya.Ahli kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Andreas mengatakan mie instan yang dimasak sekaligus dengan plastiknya akan membuat bahan kimia di dalamnya juga ikut larut.

Dalam bungkus itu kan bahan materialnya ada plastik kedua ada warna tinta packaging Plastik kalau dimasukkan ke dalam air panas otomatis banyak bahan kimia yang masuk ke dalam air rebusan tersebut kata Andreas kepada detikcom Rabu (15/1/2020).

Menurutnya semakin tinggi suhu air rebusan maka bahan kimia berbahaya pada plastik akan semakin cepat larut tapi kalau cara penyajiannya langsung dimasukan ke dalam air panas yang namanya air panas itu bisa mempercepat proses ekstrak keluarnya flatat zat fleksibilitas plastik dari plastik tersebut ke dalam makanan ucap Andreas.

Hal ini tentu akan berdampak pada masalah kesehatan seperti terganggunya hormon endokrin bahkan sampai menyebabkan kanker.Yang pertama adalah zat karsinogenik dia menyebabkan kanker kedua menyerang hormon endokrin misalnya kaya kelenjar tiroid kelenjar di leher pokoknya yang mengejar hormon endokrin jelasnya.

Lalu pewarna pada packaging juga bahan pewarna yang digunakan saat dicelupkan ke air panas otomatis banyak bahan-bahan pewarnanya yang akan terlarut dalam air tersebut lanjutnya.Andreas juga mengimbau agar masyarakat lebih pintar dalam mengolah produk terutama makanan instan.

Apabila ingin memasak produk makanan harus sesuai dengan petunjuk dan cara penggunaannya kalau misalnya kemasan plastik jangan sekali-sekali langsung mencelupkan bersama plastik dicampurkan jadi satu Itu tidak baik untuk kesehatan karena bisa berdampak pada masalah kesehatan seperti tadi pungkasnya.

Sumber:detik. Com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot