UC News

Viral, Wajah Ibu Hamil Berubah Drastis Sampai Sulit Dikenali

Perubahan wajah akibat hormon selama hamil bisa terjadi nih, Ma!

Viral, Wajah Ibu Hamil Berubah Drastis Sampai Sulit Dikenali

Cerita Nor Sahira, seorang Mama asal Malaysia terkait wajahnya yang sempat berubah dratis selama menjalani kehamilan sedang mencuri perhatian banyak orang. Warganet di sosial media mengaku heran karena wajahnya sangat berubah seperti dua orang yang berbeda.

Dalam status unggahannya di laman Facebook pada Kamis (16/4/2020), Nor Sahira menceritakan semua perasaan yang dialaminya ketika sedang hamil anak ketiga.

Wajah Nor Sahira saat itu sampai sulit dikenal karena berubah drastis. Kulitnya tiba-tiba saja membengkak, berkerut, dan terlihat kusam karena menghitam.

Perubahan wajahnya ini baru pertama kali dialami ketika hamil anak ketiga. Ia pun mengaku sempat tidak percaya diri sampai tak berani keluar rumah karena malu.

Usai melahirkan, beruntungnya wajah Nor Sahira bisa berangsur kembali normal. Kini wajahnya yang sempat bengkak selama masa kehamilan telah kembali cerah dan pelan-pelan membaik.

Jika Mama ingin mengetahui cerita dari Nor Sahira yang bercerita mengenai perubahan wajahnya saat hamil, sekaligus informasi lainnya kali ini Popmama.comtelah merangkumnya.

1. Nor Sahira sempat menceritakan perjuangan kehamilan sewaktu terjadi perubahan di bagian wajah

Facebook.com/nor.sahiraii

Maaf terlalu banyak yang PM tentang foto yang saya unggah di Story. Aku menjawabnya di sini saja. Tidak dapat membalas satu per-satu.

Wajahku berubah parah saat hamil 3 bulan anak ketiga. Muka bengkak, berkerut dan menghitam.

Kalian semua terkejut, aku lebih terkejut. Tak pernah saya mengalami hal seperti ini sebelumnya.

Selama kehamilan, saya sempat stres dan tidak berani bertemu orang banyak. Saya hanya bisa tersenyum, tetapi dalam hati hancur lebur.

Tapi setelah melahirkan, sedikit demi sedikit wajah saya kembali normal. Bengkak mulai mengempes, hidung kembali cantik, kulit makin cerah.

Jangan tanya saya pakai produk kecantikan apa. Saya tak pakai apapun.

Banyak orang bilang perubahannya terlalu berbeda. Wajah saya jadi seperti orangtua. seperti nenek.

Saya tak menolaknya, karena memang itu yang terjadi.

Begitulah salah satu curhatan yang sempat dituliskan oleh Nor Sahira pada statusnya di Facebook.

Walau sempat merasa stres ketika wajahnya mendadak berubah selama menjalani masa-masa kehamilan, namun cerita dari Nor Sahira memberikan inspirasi tersendiri bagi semua ibu hamil.

Selama hamil, ia menerima apa yang terjadi pada bagian wajahnya dan lebih fokus terhadap kehamilan. Wajahnya pun sudah kembali membaik secara perlahan usai menjalani proses persalinan.

Di kolom komentar unggahan Nor Sahira pun warganet memberikan pujian, apalagi yang terjadi padanya ini merupakan sebuah pengorbanan seorang Mama selama menjalani masa-masa kehamilan.

"Alhamdulillah semua kembali sembuh, awak seorang ibu yang sangat kuat + tabah + sabar dan Allah bagi ujian kepada hambaNya yang kuat, alhamdulillah berkat kesabaran," tulis salah satu warganet.

Banyak sekali komentar yang tertulis dari cerita yang telah dibagikan oleh Nor Sahira.

2. Nor Sahira merasa stres dan malu karena perubahan wajahnya

Facebook.com/nor.sahiraii

"Tak pernah saya mengalami hal seperti ini sebelumnya. Selama kehamilan, saya sempat stres, tidak berani bertemu orang banyak. Saya hanya bisa tersenyum, tapi dalam hati hancur lebur," tulis Nor Sahira pada salah satu status unggahannya.

Melalui media sosialnya, Nor Sahira sempat menceritakan bahwa selama kehamilan ada perasaan cemas dan stres. Hal ini dirasakannya karena ada pemicu yakni merasa tidak berani bertemu dengan orang banyak.

Beberapa kondisi kulit yang mungkin akan terjadi saat hamil adalah jerawat, psoriasis, dermatitis atopik atau beberapa gangguan kulit lainnya.

Meskipun kondisi kulit ini dapat membaik setelah melahirkan si Kecil, namun beberapa ibu hamil tentu akan merasa stres dan kaget dengan kondisi kulitnya selama masa-masa kehamilan.

Terkait dengan perubahan wajah pada ibu hamil yang mampu memicu stres, maka ada baiknya untuk tetap tenang. Konsultasikan kepada dokter kandungan mengenai permasalahan yang terjadi pada kulit selama hamil, sehingga mendapatkan solusi terbaik.

Perlu diketahui bahwa stres ketika hamil hanya akan berdampak buruk pada sang Mama dan janinnya.

Dilansir dari laman DevDiscourse, stres, kegelisahan dan depresi saat kehamilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan di daerah otak utama sebelum bayi dilahirkan.

Selain itu, kondisi stres pada kehamilan juga memicu bayi menderita penyakit jantung bawaan dan lain-lain.

3. Apa saja penyebab wajah kusam saat hamil?

Flickr.com/Valentine Englert

Naik turunnya hormon selama masa kehamilan bisa menimbulkan beragam masalah kulit, salah satunya pada kulit wajah.

Perlu Mama ketahui bahwa penyebab perubahan wajah menjadi kusam saat hamil terjadi karena beberapa faktor, yakni:

  • Kurang mengonsumsi air putih selama hamil, padahal dengan rutin meminumnya dapat membantu melancarkan pencernaan dan aliran darah menjadi lebih lancar.
  • Kurang memerhatikan asupan vitamin C, sehingga berdampak buruk pada kesehatan kulit ketika hamil.
  • Dipicu oleh hiperpigmentasi dari peningkatan produksi melanin di kulit. Hal inilah yang membuat wajah menjadi kusam dan cenderung gelap.

Selain itu, dilansir dari Babycentre faktor lain yang menyebabkan wajah kusam saat hamil yakni sering mengalami mual dan muntah.

Ibu hamil yang mengalami mual dan muntah akan menyebabkan kekurangan air serta cairan, sehingga berdampak pada bagian kulit.

Itulah cerita Nor Sahira yang sempat stres terkait perubahan wajahnya selama hamil. Beberapa informasi di atas mengenai kondisi kulit saat hamil, semoga juga bisa memberikan edukasi baru untuk Mama.

Tetap sehat selama masa kehamilan, meskipun terjadi perubahan di bagian wajah. Semangat ya, Ma!

  • Tips Merawat Wajah Secara Alami untuk Ibu Hamil
  • Cara Mengatasi Wajah Kusam untuk Ibu Hamil dengan Terapi Es Batu
  • Selain Stres, Ini Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot