UC News

Warga Bekasi, Polisi Berencana Terapkan Tilang ETLE

Warga Bekasi, Polisi Berencana Terapkan Tilang ETLE
Ilustrasi kamera CCTV ETLE (KO/Edo)

KabarOto.com - Polres Metro Bekasi dikabarkan bakal menerapkan tilang berbasis kamera Circuit Close Television (CCTV) yakni Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Harapannya, dengan adanya penindakan tilang ETLE ini dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bekasi. "Untuk mereduksi angka kecelakaan," ujar Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan.

Baca Juga: Biar Enggak Bingung, Ini Beda E-Tilang Dengan ETLE

Lebih lanjut Hendra menyebut, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi, terutama dalam hal fasilitas dan peralatan yang menunjang tilang ETLE. "Salah satunya terkait dengan jaringan fiber optiknya," jelas Hendra seperti dikutip dari situs resmi Polri.

Agar lalu lintas menjadi lebih tertib (AN)

Saat ini, pengadaan CCTV yang dapat merekam dengan detail setiap kejadian itu, masih dalam tahap perencanaan. Polisi juga masih merumuskan sistem dengan Pengadilan Negeri Bekasi dan Kejaksaan Negeri Bekasi, terkait sanksi berupa denda serta teknik verifikasi.

Sayang, Hendra tidak merinci lebih lanjut mengenai kepastian penerapan rencana tersebut. Ia hanya menyebut, bahwa tilang ETLE akan diberlakukan di 3 titik. "Salah satunya di Sentra Grosir Cikarang," kata Hendra.

Baca Juga: Pemotor! 1 Februari Siap-Siap Kena Tilang ETLE

Sebagai informasi, angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bekasi pada 2019 meningkat tajam dibanding tahun 2018. Adapun tahun 2018, tercatat angka kecelakaan mencapai 675 kali dan meningkat 16,25 persen atau 806 kasus kecelakaan di 2019.


READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot