UC News

Waspada, Ini 3 Gejala Anda Mempunyai Kutu Kelamin

Apakah Anda tahu tentang kutu kelamin? Jika selama ini orang lebih sering mendengar tentang kutu ramput kepala, ternyata ada juga kutu yang berkembang biak di rambut kelamin.

Waspada, Ini 3 Gejala Anda Mempunyai Kutu Kelamin
Ilustrasi kutu rambut dan kutu kelamin. Sumber ilustrasi: health.detik.com

Dilansir alodokter.com (retrieved, 29/08/2018), kutu kemaluan (Pthirus pubis) adalah serangga parasit kecil yang dapat menempati area berambut di tubuh manusia, pada umumnya sering bermukim di rambut kemaluan. Makanya disebut sebagai kutu kelamin.

Kutu kelamin berukuran sekitar 1-2 mm dan memiliki warna kekuningan, abu-abu, atau coklat. Kutu sulit untuk dilihat dengan mata telanjang karena ia akan berhenti bergerak ketika ada cahaya. Telur kutu berada erat melekat di pangkal rambut yang terkena kutu.

Telur biasanya akan menetas dalam waktu 6-10 hari. Telur kosong yang berwarna putih keabu-abuan dapat terlihat di dasar rambut pada daerah yang terkena. Terkadang mungkin terlihat seperti ketombe, tapi berbeda karena tidak dapat dibersihkan dengan mudah.

Kutu kelamin ini bisa menular atau berjangkit atau berpindah dari seseorang kepada orang lain. Seperti dilansir hellosehat.com (06/09/2018), kutu kemaluan adalah serangga kecil yang bisa merayap dari rambut kelamin seseorang ke rambut kelamin lainnya selama terjadi hubungan intim.

Ilustrasi penderita kutu kelamin mengalami rasa gatal. Sumber ilustrasi: huffingtonpost.com

Apakah Anda khawatir memiliki kutu kelamin? Berikut ini beberapa gejala yang menunjukkan seseorang memiliki kutu kelamin, antara lain:

  1. Adanya rasa gatal yang parah. Hal ini sering kali memburuk di malam hari ketika kutu lebih aktif dan memakan darah manusia.
  2. Umumnya gatal tersebut tidak disebabkan oleh gigitan, tapi oleh reaksi alergi atau hipersensitivitas kulit terhadap air liur kutu yang terkena kulit sebelum gigitan.
  3. Biasanya gatal terbatas pada daerah yang terkena, umumnya selangkangan, tetapi juga dapat menyebar ke perut, paha, dan kaki.

Cara bijak untuk menghindari terjangkit kutu kelamin adalah menjaga kebersihan area kelamin. Sesekali perlu dipangkas atau dicukur rambut kemaluan agar tidak berkembang biak kutu kelamin.

Ilustrasi mencukur rambut kemaluan untuk menghindari terjangkit kutu kelamin. Sumber ilustrasi: pastiseru.com

Itulah tadi 3 gejala yang menunjukkan seseorang memiliki kutu kelamin. Setelah mengetahui informasi ini, bagaimana menurut pendapat Anda? Yuk silakan sharing di kolom komentar ya. Terima kasih.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot