UC News

Waspada, Inilah 3 Jurusan Kuliah yang Hilang 19 Tahun Lagi

Waspada, Inilah 3 Jurusan Kuliah yang Hilang 19 Tahun Lagi
Referensi pihak ketiga

Berbagai film Hollywood yang bertemakan Science Fiction seringkali menggambarkan bahwa di masa depan semua pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot. Bahkan siapa sangka kalau hal ini akan terjadi dalam waktu dekat, mungkin beberapa dekade mendatang.

Dengan pekerjaan yang diambil alih, tentunya hal ini akan berdampak pada jurusan kuliah yang ditawarkan di berbagai kampus. Dengan sedikitnya lapangan kerja untuk tipe pekerjaan tertentu maka jumlah jurusan yang disediakan kampus akan menurun mengikuti perkembangan zaman.

Berikut ini adalah 3 jurusan kuliah yang diperkirakan akan punah di masa depan :

3. Pariwisata

Referensi pihak ketiga

Tahukah kamu kalau sebagian besar tempat pemesanan tiket pesawat dibandara akan segera digantikan dengan mesin tiket? Hal ini sangatlah wajar karena sebagian besar industri dapat digantikan dengan teknologi. Hal ini akan membuat kebutuhan karyawan untuk bagian agen travel atau pemandu pariwisata akan menurun. Akibatnya minat pada jurusan kuliah di pariwisata juga akan mengalami penurunan.

Bahkan kamu sendiri mungkin akan lebih memilih untuk menggunakan panduan dari Google Maps dan aplikasi penjual tiket untuk melakukan perjalanan.

2. Broadcasting

Referensi pihak ketiga

Jurusan kuliah yang satu ini berkaitan dengan melakukan penyiaran acara televisi. Jurusan kuliah broadcasting hanya berfokus pada penggunaan alat komunikasi broadcast dengan teknologi satelit dan televisi.

Dengan keberadaan Youtube, Facebook, dan beberapa media sosial lainnya membuat penyiaran berita lebih cepat dan mudah bahkan sebagian media besar juga lebih memilih untuk membagikan konten beritanya melalui internet daripada televisi, sehingga hal ini akan mengancam kesempatan kerja mahasiswa jurusan broadcasting.

1. Farmasi

Referensi pihak ketiga

Jurusan kuliah yang satu ini berkaitan dengan peracikan obat dan pemahaman tentang obat-obatan. Kemampuan meracik obat dan memberikan pelayanan di apotik atau rumah sakit bukanlah hal yang sulit untuk dijalankan dengan sebuah robot.

Di luar negeri sendiri telah disediakan layanan peracikan otomatis dan pesan antar obat langsung ke rumah pasien. Jika kamu memang tertarik dengan bidang kesehatan, lebih baik ambillah profesi dokter karena keberadaan dokter belum bisa digantikan oleh mesin.

Bonus :

Akuntansi

Referensi pihak ketiga

Tidak dapat dipungkiri jurusan kuliah yang satu ini memiliki animo yang tinggi di Indonesia. Bahkan sebagian besar perguruan tinggi pasti memiliki kelas akuntansi. Tapi mengapa jurusan kuliah yang berhubungan dengan keuangan ini ada dalam daftar ini?

Akuntansi merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan pembukuan laporan keuangan dan pajak, sebagian besar perusahaan dengan skala kecil dan menengah biasanya akan menggunakan jasa aplikasi pencatatan keuangan daripada menyewa tenaga kerja akuntan.

Bahkan untuk penghitungan pajak juga bisa dilakukan melalui online sehingga peran akuntan pada perusahaan menengah kebawah tidak begitu signifikan.

Namun keberadaan akuntan pada perusahaan besar dan kantor auditor keuangan masih diperlukan, sehingga jurusan kuliah yang satu ini peluangnya akan semakin sempit dimasa depan.

Referensi :

Author, N. (n.d.). 5 Jurusan Kuliah Yang Mungkin Akan HILANG Di Masa Depan !!! Retrieved June 16, 2019, from www.zoneknowledge.com/2017/12/5-jurusan-kuliah-yang-mungkin-akan.html

Topic: #jurusan
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot