UC News

Wuling Almaz 7-Seater Andalkan Fitur Perintah Suara

Wuling Almaz 7-Seater Andalkan Fitur Perintah Suara

Jakarta: Wuling Motors akhirnya membuka tabir sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang (7-seater) perdananya yang masih masih mengusung nama Almaz. Padahal sebelumnya pada Februari lalu, mobil ber-body gambot ini diperkenalkan sebagai varian SUV lima penumpang untuk konsumen di Indonesia.

Vice President Director Wuling Motors, Cindy Cai, menjelaskan selama dua tahun berada di Indonesia mereka sudah memiliki tiga model yakni Wuling Confero, Wuling Cortez, dan Wuling Formo. Kini mereka melengkapi rangkaian produknya dengan Almaz 7-penumpang yang menjadi model SUV pertama Wuling Motors di Indonesia.

Menarik, Wuling Motors mengklaim SUV Almaz tujuh penumpangnya ini sebagai mobil yang nemiliki fitur voice command pertama di pasar otomotif nasional yang menggunakan perintah bahasa Indonesia, yang disebut WIND.



"Tahun kedua Wuling berkarya di Indonesia memberikan kami semangat terus berinovasi dengan teknologo terdepan. Salah satu wujudnya adalah implentasi WIND, fasilitas voice command interaktif dengan bahasa sehari-hari pertamakali pada varian terbaru Alamaz," kata Cindy saat acara peluncuran di kawasan Ancol, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Disebutkan, mobil tujuh penumpang ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur modern, seperti panoramic sunroof, start-stop button, keyless remote, keyles entry hingga sound system keluaran Infinity by Harman. Sedangkan dari fitur keselamatan ada electric parking brake (EPB), auto vihicle holding (AVH), traction control system (TCS), hill hold control (HHC), anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), brake assist (BA), electronic stability control (ESC), tire preassure monitoring ststem (TPMS), dan emergency stop signal (ESS).

Untuk urusan dapur pacu, Almaz tujuh penumpang masih dibekali dengan mesin 1.451 cc DOHC DVVT turbocharger bertenaga 140 daya kuda di putaran mesin 5.200 rpm dan torsi 250 nm di putaran 1.600 - 3.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui gearbox CVT 5-percepatan.



Wuling Motors mendesain Almaz dengan konfigurasi untuk lima dan tujuh orang penumpang. Jika membandingkan secara ukuran dan jumlah konfigurasi penumpang, mobil ini berhadapan dengan Honda HR-V. Lebih tepatnya SUV bermerek Tiongkok ini bersenggolan dengan HR-V 1.5 E CVT yang dipasarkan dengan banderol Rp 317,5 juta (on the road Jakarta). Kemudian melirik ke Mitsubishi Outlander Sport.

Namun bila membandingkan berdasarkan mesin 1.500 cc turbocharge yang digunakan maka bersaing dengan Honda CR-V atau juga DFSK glory 580. Almaz memiliki tag harga lebih miring dibandingkan varian terendah CR-V dengan 444,5 juta (on the road Jakarta). Sedangkan dibandingan dengan DFSK Glory 580, Almaz jauh lebih mahal karena varian tertinggi Glory 580 hanya Rp308 juta (on the road Jakarta).

Sayangnya, bicara soal harga Wuling belum memberikan bocoran, hingga peluncuran resminya di pameran otomotif tahunan pekan depan. "Untuk harga diumumkan di GIIAS," pungkas Cindy.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot