UC News

Yamaha NMAX Jadi Naik Rasio Kompresi Mesinnya, Padahal Ukuran Piston Sama, Punya Apaan Sih?

Yamaha NMAX Jadi Naik Rasio Kompresi Mesinnya, Padahal Ukuran Piston Sama, Punya Apaan Sih?

Piston Yamaha All New R15 (kiri) Yamaha NMAX (kanan)

Otomania.com - Yamaha NMAX yang butuh substitusi piston bisa gunakan saja milik satu produk dari Yamaha.

Maksudya adalah piston motor milik Yamaha All New R15.

Meski keduanya memiliki ukuran yang sama yaitu 58 mm , namun tedapat perbedaan modelnya.

Dan Jika dipasangkan pada motor Yamaha NMAX akan memiliki kelebihan atau keuntungan.

Keuntungan yang didapat adalah, bisa menaikkan rasio kompresi mesin NMAX jadi lebih tinggi.

Baca Juga: Aslinya Mahal, Substitusi Tensioner Yamaha NMAX Pakai Punya Saudara

Seperti disampaikan oleh owner sekaligus mekanik dari bengkel YTS.

"Profil atau permukaan dome seher All New R15 hampir flat. Berbeda dengan piston bawaan NMAX yang cekung ke dalam," bilang Yohannes," dikutip dari GridOto.com.

"Otomatis, ruang bakar semakin sempit jika pakai piston All New R15 yang bisa menaikkan rasio kompresi di ruang bakar," tambah Anes yang buka bengkel di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Selain itu piston All New R15 juga lebih ringan dari standarnya NMAX.

Saat diukur menggunakan timbangan digital, piston All New R15 punya bobot 80,16 gram.

Baca Juga: Substitusi Kampas Rem Brembo, Kualitas Setara Harga Lebih Ramah


Piston Yamaha All New R15 (kiri) Yamaha NMAX (kanan)

Sedangkan, piston standar NMAX seberat 81,58 gram.

Biar enggak penasaran Anes coba pasang ke Yamaha NMAX dan kompresinya diukur menggunakan buret.

"Kompresi NMAX standarnya hanya 10,5 : 1," lanjutnya

"Saat menggunakan piston kepunyaan All New R15 bisa meningkat menjadi 11,6 : 1," terangnya lagi.

"Kompresi yang makin tinggi bisa bikin performa meningkat tanpa melakukan bore up atau stroke up tuh," tutupnya.

Topic: #yamaha nmax
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot