UC News

11 Rekomendasi Anime Mecha Terbaik dan Terkeren yang Perlu Kalian Coba Tonton (Bagian 2)

Mecha merupakan salah satu genre dalam anime yang cukup populer, setelah action dan romance, mungkin. Genre mecha menjadi kandidat kuat sebagai genre paling dicari. Genre mecha memiliki perbedaan besar dengan genre lain di mana memperlihatkan aksi robot di dalamnya dan bukan mecha namanya jika tidak ada unsur robotika-nya. Baik itu TV series atau movie, mecha selalu menghadirkan sesuatu yang beda.

Anime mecha sendiri memiliki ciri khas khusus, seperti adanya robot atau pertempuran antar galaksi. Genre mecha populer banget di masa-masa dulu, bahkan sampai sekarang masih tak pudar meski banyak kemunculan anime keren dari berbagai genre.

Jadi buat kamu yang suka anime tentang robot-robotan, anime genre mecha cocok banget buat kamu tonton.

11. Bokurano

11 Rekomendasi Anime Mecha Terbaik dan Terkeren yang Perlu Kalian Coba Tonton (Bagian 2)
Referensi pihak ketiga

15 anak, 8 anak laki-laki, dan 7 perempuan sedang menikmati perkemahan musim panas mereka dan tiba-tiba menemukan sebuah gua di tepi laut. Ketika mereka memasuki tempat misterius itu, mereka menemukan sebuah ruangan yang penuh dengan computer dan juga seorang pria bernama Kokopelli.

Dia mengaku sedang mengerjakan sebuah game yang melibatkan robot raksasa yang telah dirancang untuk melindungi Bumi dari 15 invasi alien. Kokopelli belum bisa menguji game-nya, jadi dia membujuk semua kecuali satu anak laki-laki untuk menandatangani kontrak dalam apa yang dia klaim akan menjadi petualangan yang menyenangkan.

10. Macross Series

Referensi pihak ketiga

Kisahnya awal begini, Setelah sebuah pesawat antariksa misterius menabrak Bumi, manusia menyadari bahwa mereka tidak sendiri. Takut akan ancaman dari luar angkasa, dunia menghapus nasionalisme, kepentingan dan perbedaan budaya mereka. Pasukan PBB yang baru terbentuk memutuskan untuk membentuk pesawat ruang angkasa bernama SDF-1 Macross.

Sayangnya, pada hari penerbangan pertamanya, sebuah armada pesawat asing yang dikenal sebagai Zentradi turun ke bumi dan SDF-1 Macross bertindak atas kemauannya sendiri dan akhirnya terperangkap dalam perang antariksa.

Hikaru Ichijou, seorang pilot yang berjiwa bebas dan Minmay Lynn, seorang idola dengan cita-citanya menjadi idol terbaik. Bersama dengan perwira Macross, mereka mengalami perjalanan epik di luar angkasa yang penuh dengan drama musikal.

9. Neon Genesis Evangelion

Referensi pihak ketiga

Anime ini adalah anime mecha lawas yang sangat populer. Ceritanya sendiri sangat menarik dengan genre mecha yang kuat. Pada tahun 2015, dunia berada di ambang kehancuran. Harapan terakhir manusia terletak di tangan Nerv, sebuah badan khusus di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa.

Evangelion yang mampu mengalahkan Malaikat yang menggembar-gemborkan Bumi. Gendou Ikari, kepala organisasi, sedang mencari pilot yang bisa melakukan sinkronisasi dengan Evangelion. Membantu dalam usaha defensif ini, personel berbakat Misato Katsuragi (Chief Operating Tactical) dan Ritsuko Akagi (Chief Scientist) ikut membantu.

Kehidupan Shinji Ikari selama 14 tahun ini berubah saat ia dibawa ke Nerv dan menjadi sebuah takdir menjadi seorang pilot Evangelion, Unit-01 dengan nasib umat manusia di pundaknya.

8. FLCL

Referensi pihak ketiga

Naota Nandaba adalah anak kelas 6 biasa yang tinggal di kota yang biasa-biasa saja. Setelah saudaranya Tasuku meninggalkan kota untuk bermain bola basket di Amerika, Naota terus menjaga apa yang ditinggalkan Tasuku.

Semuanya berubah dari damai menjadi penuh tangtangan saat pertemuannya dengan Haruko Haruhara, psikopat berambut panjang ini menyeret Naota ke dalam pertempuran terbesar di Bumi atau bahkan seluruh alam.

7. Mobile Suit Gundam Series

Referensi pihak ketiga

Cerita bermula ketika umat manusia telah pindah ke ruang angkasa. Salah seorang sebagai “Raja Zeon” mengumumkan perang terhadap Federasi Bumi, badan pemerintahan yang sekarang memerintah Bumi.

Dengan menggunakan robot humanoid kuat yang dikenal sebagai Mobile Suit, Zeon dengan cepat mendapatkan keunggulan. Sembilan bulan konflik berlangsung, Federasi Bumi telah mengembangkan sebuah Mobile Suit yang kuat disebut Gundam.

Ketika Zeon melancarkan serangan ke sebuah koloni yang memegang Gundam, seorang warga sipil 15 tahun bernama Amuro Ray tiba-tiba terlempar ke dalam sebuah konflik tak berujung.

6. SSSS.Gridman

Referensi pihak ketiga

Anime rilisan tahun 2018 ini cukup ramai dibahas di forum-forum karena kehadiran chara cewek yang katanya memiliki paha lebih mulus dari paha Ueno, wtf!. Awal cerita sedikit penuh misteri tentang siapa sih sebenarnya karakter utama kita ini. Barulah ketika monster raksasa menyerang kota, ia mulai sadar secara perlahan.

Dia memang sedikit berbeda dari yang lain, ia bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Kisahnya bermula ketika ia melihat robot mecha di komputer temannya si paha mulus, Rikka. Sekilas, robot tersebut mengajak pemuda ini untuk mengingat identitasnya.

5. Ghost in the Shell

Referensi pihak ketiga

Pada tahun 2029, kemajuan dalam Sibernetika memungkinkan orang mengganti hampir seluruh bagian tubuh dan organ mereka dengan robotika. Melalui prosthetics ini, yang lemah dibuat kuat dan yang sekarat diberi kehidupan baru. Bagian Keamanan Publik dari Kota Niihama harus menyelidiki kasus-kasus korupsi dan terorisme karena kehadiran prosthetics ini.

4. Suisei no Gargantia

Referensi pihak ketiga

Dari segi grafis benar-benar keren dan berwarna banget. Sedangkan dari segi cerita, benar-benar seru, sepertinya anime ini cukup direkomendasikan untuk kamu yang mencari anime mecha yang dipadukan dengan fantasy. Anime ini juga bertema reverse isekai, artinya MC kita di sini bukan berasal dari bumi namun terdampar ke bumi, meski manusia memang asal usulnya dari bumi sih.

Ceritanya tentang kehidupan manusia jauh di masa depan di mana bumi tidak lagi ditempati dan menjadi mitos belaka. Manusia sekarang hidup di luar angkasa sambil berperang melawan alien kayak Gurita raksasa menggunakan robot mecha.

Nah saat menjalankan tugas dan kalah telak, si MC gagal kembali ke kapal induk sehingga ia terdampar di suatu tempat. Di saat ia sadar, ia mengetahui bahwa tempat itu ternyata adalah bumi dengan keindahan alam yang begitu luas. Mulai dari sini, ia kemudian belajar bahasa bumi dan mencoba untuk berinteraksi dengan lainnya.

3. Robotics;Notes

Referensi pihak ketiga

Ceritanya memang “Teknologi” banget dan berlatarkan di tahun 2019 di masa depan, udah deket sih. Di sini kamu bisa melihat bagaimana sekelompok pelajar yang memiliki misi untuk mengembangkan teknologi baru yaitu Phonedroid Pad di mana manusia mampu menciptakan robot atau mecha.

Anime ini tidak bercerita serius seperti anime mecha kebanyakan seperti perang atau semacamnya. But, anime ini lebih ke drama mecha dengan semangat anak muda yang penuh konflik sembari membuat robot impian mereka.

2. RideBack

Referensi pihak ketiga

Ada dua alasan mengapa mimin sangat suka dengan anime mecha ini. Pertama, karakter utama yang nggak biasa, dan kedua, konsep mecha yang nggak biasa juga. Dengan begitu kita bisa simpulkan bahwa anime ini luar biasa banget. Ceritanya tentang organisasi jahat yang mencoba untuk menguasai dunia.

Di sisi lain, karakter utama kita adalah seorang penari balet tapi karena pernah mengalami cedera serius, ia akhirnya berhenti. Bertahun-tahun berlalu, ia kemudian menemukan mecha mirip motor yang disebut sebagai RideBack. Karena kemampuan balance (Keseimbangan)-nya sebagai seorang penari balet, ia sangat berbakat mengendarai RideBack. Namun karena itu juga lah ia terseret masalah dengan pemerintah dan organisasi jahat itu tadi.

1. Sidonia no Kishi

Referensi pihak ketiga

Setelah menghancurkan Bumi bertahun-tahun yang lalu, ras alien Gauna telah mengejar manusia yang masih hidup dan melarikan diri melintasi galaksi. Anime Sidonia no Kishi mengikuti Tanikaze saat ia menemukan dunia yang telah mati, terus bertahan hidup dan menjadi pahlawan yang dibutuhkan Sidonia.


Ok, sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa cek part 1 nya yah, bye.

Sumber: https://sakuranime.com/anime-mecha-terbaik/

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot