UC News

7 Penemuan Terhebat yang Gak Disengaja, Kecelakaan Membawa Berkah!

7 Penemuan Terhebat yang Gak Disengaja, Kecelakaan Membawa Berkah!

Belum lama ini, terdapat berita menghebohkan mengenai anak remaja 17 tahun bernama Wolf Cukier yang menemukan sebuah planet baru ketika magang di NASA.

Kerennya lagi, penemuan planet berukuran 7 kali lebih besar dari bumi tersebut terjadi di hari ketiga kerja magangnya, lho! Penemuan memang terkadang datang secara nggak disengaja, geng.

Bahkan ada, lho, beberapa penemuan penting yang diciptakan secara nggak sengaja atau bahkan karena kesalahan dari si penemu.

7 Penemuan Terhebat yang Gak Disengaja

Hidup manusia memang nggak bisa diprediksi. Ada ilmuwan seperti Thomas Alfa Edison yang akhirnya menciptakan penemuan Bohlam setelah melalui 1000 kali eksperimen gagal,

Namun, ada juga penemu yang hoki banget yang kesalahannya saja membawa rejeki. Nah, dalam artikel ini, Jaka bakal membahas tentang 7 penemuan terhebat yang ditemukan secara nggak sengaja.

1. Alat Pacu Jantung

Alat pacu jantung adalah sebuah alat kecil yang digunakan untuk membantu jantung berdetak lebih teratur dan normal, alias nggak terlalu lambat atau terlalu cepat.

Ternyata, alat ini juga diciptakan akibat kecelakaan, geng. Alat ini tercipta karena seorang asisten professor di University of Buffalo menggunakan resistor yang salah di prototype mesin rekam jantung.

Dari kesalahannya ini, Wilson Greatbatch malah menciptakan alat pacu jantung kecil yang dapat ditanamkan dalam dada manusia. Sebelum temuannya, alat pacu jantung ukurannya sebesar televisi, lho.

2. X-Ray

X-Ray atau sinar X sebenarnya adalah fenomena alam dan nggak bisa diciptakan, namun seorang dokter Jerman bernama Wilhelm Roentgen berhasil menemukan dan mengaplikasikan sinar ini untuk pertama kali.

Pada tahun 1895, dokter Wilhelm Roentgen sedang melakukan eksperimennya yang melibatkan sinar katoda, hingga ia menyadari kalau kardus neon yang ada di seberang ruangannya ikut menyala.

Ia menyimpulkan bahwa sinar X-Ray mampu menembus benda padat sekalipun. Ia pun mencoba memanfaatkan sinar X untuk memotret bagian dalam dari tangan istrinya.

3. Sakarin (Pemanis Buatan)

Ira Remsen & Constantin Fahlberg bekerja di laboratorium John Hopkin's University. Suatu ketika di tahun 1879, Fahlberg melupakan hal paling penting yang harus dilakukan setelah bekerja di laboratorium.

Laboratorium adalah tempat yang berbahaya. Fahlberg lupa cuci tangan dan langsung makan, geng. Hal ini bisa menyebabkan kematian secara instan pada mayoritas ahli kimia.

Namun, Fahlberg malah merasakan makanannya jadi manis banget. Fahlberg dan Remsen pun mematenkan temuan mereka dengan nama Sakarin yang 300 kali lebih manis dari gula biasa.

Sakarin saat ini sering digunakan produsen makanan dan minuman sebagai pengganti gula karena harganya yang lebih ekonomis. Bukannya meninggal, Fahlberg malah jadi kaya raya berkat kecerobohannya.

4. Microwave

Microwave adalah alat masak seperti oven yang memanfaatkan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau menghangatkan makanan. Ternyata, alat ini tercipta akibat keisengan Percy L. Spencer.

Kala itu, Percy yang merupakan ilmuwan Angkatan Laut AS sedang bermain-main dengan pemancar gelombang mikro. Ia merasakan suatu sensasi aneh dari kantong celananya.

Ketika ia mengecek, ternyata coklat yang ada di kantongnya meleleh. Ia pun menyadari potensi gelombang ini lalu menciptakan alat masak bernama Microwave.

5. Velcro

Kalau penemuan lain ditemukan secara nggak sengaja oleh manusia, seekor anjing justru memainkan peranan penting dalam penemuan Velcro, geng.

Ceritanya George de Mestral sedang berburu dengan anjingnya. Namun, ia merasa terganggu dengan biji-bijian yang selalu nyangkut di bulu anjing dan kaos kakinya.

Ia pun mengamati biji tersebut dengan teleskop dan menemukan bahwa terdapat "kail" kecil yang menempel di kain dan bulu. George kemudian bereksperimen dengan beragam nilon dan akhirnya menciptakan Velcro.

Kepopuleran Velcro meroket 20 tahun setelah penemuannya karena NASA suka banget sama teknologi satu ini.

6. Teflon

Kalau saat ini kamu bahagia karena bisa masak di wajan tanpa lengket, berterima kasih lah pada Roy Plunkett. Roy menciptakan teflon atau senyawa anti lengket akibat ketidaksengajaan.

Roy melakukan eksperimen untuk menciptakan senyawa chlorofluorocarbons (CFC) baru. Ketika ia kembali untuk mengecek eksperimennya, ia malah menemukan lapisan putih di dalam kaleng yang harusnya berisi gas.

Ia pun meneliti lapisan tersebut dan menemukan bahwa lapisan tersebut merupakan senyawa yang licin dan memiliki titik leleh tinggi.

Senyawa yang dinamakan teflon tersebut awalnya digunakan untuk melapisi alat-alat militer. Namun, kini senyawa ini justru berubah fungsi menjadi pelapis wajan supaya anti lengket.

7. Lem Super

Penemuan lem super bermula saat Harry Coover mengembangkan lensa plastik yang dapat digunakan untuk bagian scope senapan.

Harry yang merupakan salah satu peneliti senior di Kodak Laboratories, justru malah menemukan sebuah perekat sintetis yang terbuat dari cyanoacrylate.

Namun karena dianggap tidak baik untuk digunakan pada bagian pengeker senapan, akhirnya ia memutuskan untuk tidak menggunakan lem super tersebut.

Beberapa tahun kemudian, lem tersebut ditemukan lagi dan dikembangkan hingga akhirnya dijual dengan nama dagang "Super Glue".

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 penemuan terhebat yang nggak disengaja. Alih-alih mengalami kesialan, para penemu di atas justru malah hoki akibat kesalahan mereka.

Hal ini mengajarkan kita agar nggak cepat menyerah atau putus asa, geng. Rezeki memang nggak ada yang tahu kapan datangnya.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya!

Baca juga artikel seputar Penemuan atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot