UC News

7 Pesawat Paling Canggih di Dunia, Bisa Menghancurkan Satu Negara?

7 Pesawat Paling Canggih di Dunia, Bisa Menghancurkan Satu Negara?

Kamu suka naik pesawat atau enggak, geng? Enggak cuma mobil yang bisa punya teknologi canggih, pesawat pun juga.

Sebagai salah satu kendaraan yang dikemudikan di udara, tentu teknologi yang dimiliki juga harus lebih canggih agar bisa membawa orang dengan aman.

Nah, pada artikel kali ini Jaka akan kasih kamu daftar pesawat-pesawat paling canggih di dunia versi JalanTikus!

Pesawat Tercanggih di Dunia

Pesawat-pesawat yang ada di bawah ini ada beberapa tipe nih, geng. Ada yang pesawat tempur, jet pribadi, hingga komersil.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, inilah daftar pesawat tercanggih di dunia versi Jaka!

1. B-2 Spirit

Sumber foto: Finances Online

Pesawat pertama yang ada di dalam daftar ini adalah pesawat siluman B-2 Spirit. Pesawat ini juga menjadi pesawat yang diproduksi oleh Amerika Serikat seharga $737 juta (Rp10 triliun).

Jika dilihat sekilas, desain pesawat ini lebih mirip dengan UFO. Bentuknya yang seperti itu bertujuan agar mampu menghindari sinyal radar, visual, elektromagnetik, hingga inframerah.

Sebagai pesawat siluman, tentu saja B-2 Spirit mampu masuk ke wilayah musuh tanpa terdeteksi dan mampu menjatuhkan bom secara akurat.

Pesawat ini dugunakan pertama kali ketika Perang Kosovo pada tahun 1999. Setelah itu, pesawat ini juga digunakan pada perang di Afganistan, Irak, dan Libya.

Amerika Serikat memiliki sekitar 20 unit pesawat ini. Jika mereka mengerahkan semuanya sekaligus, bukan tidak mungkin mampu meluluhlantakkan satu negara.

2. F-22 Raptor

Sumber foto: Finances Online

Pesawat tempur F-22 Raptor dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia karena memiliki kemampuan terbang yang sangat baik dan persenjataan yang canggih.

Pesawat ini sudah diproduksi sejak tahun 1980-an ketika Amerika Serikat sedang panas-panasnya dengan Uni Soviet di masa perang dingin.

Raptor yang kini dimiliki oleh militer Amerika Serikat adalah generasi kelima yang memiliki teknologi siluman, tahan di segala cuaca, dan dibekali dengan dua mesin.

Salah satu kekurangan dari pesawat ini adalah biaya produksinya yang sangat tinggi. Satu pesawat membutuhkan anggaran $350 juta atau setara dengan Rp4.9 triliun.

3. C17A Globemaster III

Sumber foto: Finances Online

Dari segi ukuran, pesawat C17A Globemaster III terlihat sangat besar karena digunakan untuk mengirimkan tentara, peralatan dan kendaraan militer ke seluruh dunia.

Dengan pesawat ini, Amerika Serikat bisa dengan mudah menerjunkan pasukan beserta tanknya ke daerah konflik.

Pesawat ini dikembangkan oleh McDonnell Douglas sebelum perusahaan tersebut merger dengan Boeing.

Selain AS, pesawat ini juga digunakan oleh beberapa negara lain seperti Qatar, Australia, dan Inggris.

C17A Globemaster III dirancang agar dapat mendarat di belakang garis depan dalam kondisi tanah yang buruk. Biaya produksinya sendiri hanya sedikit lebih murah dari F-22 Raptor.

Pesawat Tercanggih Lainnya . . .

4. North American X-15

Sumber foto: Aerotime

Apa pesawat tercepat di dunia? Mungkin sebagian dari kamu akan menjawab pesawat legendaris concorde yang kecepatannya melebihi kecepatan suara.

Padalah, rekor dunia dipegang oleh pesawat North American X-15. Pada tahun 1967, pesawat ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum mencapai 7.200 km.jam!

Agar tetap stabil saat melaju dengan kecepatan super cepat, pesawat ini memiliki baji ekor besar. Hanya saja, pesawat ini memiliki beberapa kelemahan.

Pesawat ini harus dibawa ke ketingginan 14.000 meter terlebih dahulu untuk menjatuhkannya. Jika tidak dengan cara demikian, pesawat ini tidak akan bisa terbang.

Tidak cukup di situ, pesawat ini juga mencatat rekor sebagai pesawat yang mampu terbang paling tinggi dengan ketinggian lebih dari 100 kilometer!

5. Gulstream G650

Sumber foto: ABS Jets

Untuk kelas pesawat jet pribadi, bisa dibilang Gulstream G650 adalah yang salah satu yang paling canggih sekaligus mahal. Harganya mencapai $71.5 juta atau Rp1 triliun.

Kapasitas dari pesawat ini berkisar antara 13 sampai 19 penumpang termasuk kru pesawat. Pesawat inijga mampu melaju dengan kecepatan maksimal 982 km/jam.

Pesawat ini memiliki panjang 30.41 meter dan lebar rentang sayap 30.36 meter. Untuk daya pacunya menggunakan dua mesin Rolls-Royce Deutschland BR725 turbofan.

Biasanya, jet ini dimiliki oleh orang-orang super kaya sehingga kecanggihan yang ada di bagian interior disesuaikan dengan keinginan pemilik.

6. Airbus A220

Sumber foto: CN Traveler

Sebagai salah satu perusahaan produsen pesawat terbesar di dunia, tentu Airbus ingin memberikan pesawat tercanggih untuk penumpangnya.

Salah satu yang terbaru adalah Airbus A220 yang hadir dengan dua versi, yakni versi -100 (110 penumpang) dan versi -300 (130-160 penumpang).

A220 masuk ke dalam keluarga Bombardier C Series yang terkenal dengan badan sempit, bermesin ganda, dan dirancang untuk perjalanan jarak menengah.

Pesawat ini mampu menghemat bahan bakar dibandingkan kompetitornya. Beberapa produsen pesawat seperti Delta dan Jet Blue sudah menggunakan pesawat ini.

7. Solar Impulse 2

Sumber foto: The Travel Magazine

Pesawat terakhir yang ada di daftar ini adalah Solar Impulse 2. Pesawat ini dikembangkan oleh negara Swiss.

Yang membuat pesawat ini istimewa adalah tidak membutuhkan bahan bakar fosil karena menggunakan sel surya fotovoltatik.

Pesawat ini pertama kali lepas pada tahun 2009 dan terbang hingga 36 jam. Hanya saja, pesawat ini hanya mampu membawa satu orang tanpa muatan tambahan.

Serinya yang kedua dirilis pada tahun 2016 dan dapat menempuh jarak hingga 26.000 mil atau lebih dari 40 ribu kilometer.

Solar Impulse 2 menjadi pesawat tenaga surya pertama yang berhasil mengelilingi Bumi. Desainer dari pesawat ini membayangkan konsepnya ini akan diterapkan di semua pesawat komersial dan pribadi.

Akhir Kata

Itulah daftar pesawat paling canggih di dunia versi JalanTikus. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat pesawat-pesawat tersebut tentu tidak sedikit.

Apakah kamu tahu pesawat canggih lain yang belum Jaka sebutkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Pesawat atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

Topic: #radar
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot