UC News

Agar Hati, Menjadi Tenteram dengan Kalimat-Kalimat Allah

Agar Hati, Menjadi Tenteram dengan Kalimat-Kalimat Allah
Sumber gambar: http://kisahikmah.com/wp-content/uploads/2015/10/kasih-sayang-Allah.jpg

Hanya dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang. Menyebut-nyebut nama baik-Nya sebanyak mungkin, tentu mendatangkan kebaikan pada kita. Apalagi, rasa tenang di dada.

Iman bukan sekadar di lisan. Bukan sekadar diucapkan saja. Tapi iman, perlu dirasakan. Perlu kita jiwai. Bagaimana agar nama baik-Nya yang kita sebut-sebut, mendatangkan rasa tenang di hati. Maka, kita perlu memahami maknanya. Kita perlu menjiwai setiap makna-Nya.

Allah Mahakuasa. Artinya, Dialah yang kuasa atas segala sesuatu. Bahkan urusan kita kecil atau besarnya, Allah yang kuasa. Kita resapi benar-benar di hati. Maka dengan begitu, insya Allah rasa tenang hadir memenuhi hati. Kebaikan-kebaikan akan mendekat.

Sumber gambar: https://www.masterpendidikan.com/wp-content/uploads/2017/01/Pengertian-Iman-Dalam-Agama-Islam-Menurut-Istilah-dan-Bahasa.jpg

Agar kita tidak mengucapkan dengan mulut, apa yang tidak ada di hati. Maka harus ada sinkronisasi. Ditambah, sinkron pada perbuatan. Karena bagi muslim, iman itu ada tiga tempatnya. Di hati, di lisan, dan di perbuatan.

Keselarasan ketiganyalah yang membawa pada ketenangan. Pada keselamatan.

Sama seperti saat kita mengharap ampunan pada Allah. Tidak cukup mengucap astaghfirulloh hanya di lisan. Tapi, kita harus maknai apa maksud dari kalimat yang kita ucapkan. Menyebutnya dengan lisan, sambil memaknai maksudnya di dalam hati. Agar tenteram hati. Agar berdampak pada hati.

Jika kemarin-kemarin kita menyebut nama baik-Nya sekadar ucap lisan, semoga hari ini kita bisa memperbaiki diri. Untuk mengubahnya, mengucap dengan lisan dibarengi perasaan di dalam hati.

Karena rasa, adalah bagian dari iman.

Sumber gambar: https://www.surabayamengaji.com/images/poster/WhatsApp%20Image%202018-06-25%20at%2018.41.36.jpeg

Referensi tulisan: Ustaz Hanan Attaki, di akun instagram @hanan_attakiquote.

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot