UC News

Astagfirullah, Inilah Surat Nabi Muhammad SAW Untuk Umat Kristen!

Astagfirullah, Inilah Surat Nabi Muhammad SAW Untuk Umat Kristen!
nytimes

FMChannel - Dilansir nytimes dan inilah.com (16/06/2019) Sejarah menulis, pada tahun 628 M Rasulullah SAW mengirim surat kepada biarawan Kristen di St, Catherine, Semenanjung Sinai, Mesir.

Surat yang dikenal sebagai Muhammads Testamentum ini diragukan keasliannya oleh banyak kalangan namun, sejak abad 19 dokumen ini diteliti oleh akademisi kotemporer Timur dan Barat. Kemudian diawetkan di Chronicle of Seert.

nytimes

Berikut bunyi surat tersebut yang dikutip utuh dari Dr. Muqtader Khan;

"Ini adalah pesan dari Muhammad bin Abdullah, yang berfungsi sebagai perjanjian dengan mereka yang memeluk agama Kristen, di sini dan di manapun mereka berada, kami bersama mereka.

Sesungguhnya aku, para pembantuku, dan para pengikutku sungguh membela mereka, karena orang Kristen juga rakyatku. Demi Allah, aku akan menentang apa pun yang tidak menyenangkan mereka.Tidak boleh ada paksaan atas mereka. Tidak boleh ada hakim Kristen yang dicopot dari jabatannya, demikian juga pendeta dan biaranya.

Tidak boleh ada seorang pun yang menghancurkan rumah ibadah mereka, merusaknya, atau memindahkan apa pun darinya ke rumah kaum Muslim. Bila ada yang melakukan hal-hal tersebut, maka ia melanggar perintah Allah dan Rasul-Nya.

Sesungguhnya mereka adalah sekutuku dan mereka aku jamin untuk tidak mengalami yang tidak mereka sukai. Tidak boleh ada yang memaksa mereka pergi atau mewajibkan mereka berperang. Muslimlah yang harus berperang untuk mereka.Bila seorang perempuan Kristen menikahi lelaki Muslim, pernikahan itu harus dilakukan atas persetujuannya. Ia tak boleh dilarang untuk mengunjungi gereja dan berdoa.

Gereja mereka harus dihormati. Mereka tidak boleh dilarang untuk memperbaiki gereja mereka dan tidak boleh pula ditolak haknya atas perjanjian ini.Tidak boleh ada umat Muslim yang melanggar perjanjian ini hingga hari penghabisan (kiamat)."

nytimes

Dari isi surat itu Rasulullah SAW memberi pesan khususnya kepada semua untuk salah menghormati, menghargai serta saling bertoleransi antar umat beragama.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot