UC News

Belajar dari Kentang, Telur, dan Kopi, Kamu Pilih yang Mana?

Belajar dari Kentang, Telur, dan Kopi, Kamu Pilih yang Mana?
Referensi pihak ketiga (goldentrianglelocal.com)

Suatu hari, seorang anak lelaki mengeluh kepada ayahnya. Kehidupannya selalu melalui kisah-kisah sedih. Ia juga tak tahu jalan menuju keberhasilan. Sang anak mulai bosan dengan kehidupan. Masalahnya memang tampak amat berat.

Sang ayah yang seorang koki segera membawa anak lelakinya ke dalam dapur. Ia mengambil tiga panci, lalu mengisi dengan air. Ia menaruh masing-masing panci atas kompor dengan nyala api yang besar.

Air dalam panci pun cepat mendidih. Kemudian, sang ayah meletakkan kentang di panci pertama, telur di panci kedua, dan bubuk kopi di panci ketiga. Ayah dan anak lelakinya menanti air dalam panci itu mendidih kembali. Mereka menunggu dalam diam. Tapi, si anak lelaki itu sepertinya tak sabar menanti.

Sepuluh menit berlalu, sang ayah mematikan api kompor. Dia mengambil kentang dari panci dan menaruhnya di mangkuk. Ia juga menaruh telur di mangkuk. Lantas, ia menyendok kopi dan menempatkan di cangkir.

“Nak, apa yang kamu lihat?” Demikian kata sang ayah sembari memperlihatkan dua mangkuk dan secangkir kopi.

“Kentang rebus, telur rebus, dan air kopi,” jawab si anak.

“Mari, lihatlah lebih dekat!” ajak sang ayah. “Lihatlah, kentang yang tadi keras, sekarang sudah lunak. Telur yang awalnya cair, kini menjadi keras. Dan bubuk kopi itu kini tak terlihat lagi, karena sudah melarut dengan air dan menjadi minuman kopi,” imbuh sang ayah.

“Aku tak mengerti, Ayah!”

“Kentang, telur, dan kopi ini mengalami masalah yang sama, yakni air mendidih. Namun reaksi mereka berbeda. Kentang yang keras menjadi lunak. Telur yang rapuh menjadi keras. Sementara, bubuk kopi mengubah air menjadi berwarna dan beraroma kopi. Nah, kamu pilih yang mana? Ketika masalah datang menghampiri, kamu tinggal memilih menjadi kentang, telur, atau kopi,” urai sang ayah.

Gaes, kehidupan ini tak akan pernah luput dari masalah. Cara menghadapi masalah pun bisa beraneka ragam. Pilihan ada di tangan kita.

Sumber: livin3.com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot