UC News

Bikin Tepok Jidat! 7 Fakta Unik Jarang Orang Tahu Tentang Amien Rais, Jasanya Apa?

Amien Rais adalah salah satu tokoh yang selalu menjadi perbincangan banyak media massa dari dekade ke dekade, ia merupakan salah satu tokoh yang meramaikan jagat politik Indonesia. Kiprahnya yang mentereng juga berbanding lurus dengan beberapa kontroversi yang sering ia buat.

Amien Rais memang bukan tokoh politik sembarangan, keberaniannya dalam bersuara sering membuat para pengamat terkejut akan manuver politiknya.

Amien Rais, selaku Dewan Kehormatan Nasional (PAN) Amien Rais mengatakan jika kubu 02 bergabung dengan pemerintahan Jokowi, maka akan terjadi lonceng kematian demokrasi.

Inilah beberapa fakta unik yang jarang orang tahu mengenai Amien Rais dan sepak terjangnya di kancah politik nasional, simak!

  1. Salah Satu Pendiri Partai Besar di Indonesia
Bikin Tepok Jidat! 7 Fakta Unik Jarang Orang Tahu Tentang Amien Rais, Jasanya Apa?
Foto : liputan6.com

Amien Rais mendirikan Partai PAN terhitung setelah 3 bulan orde baru dibubarkan, tepatnya pada tanggal 23 Agustus 1998. Ia waktu itu mendeklarasikan Partai Amanat Nasional bersama beberapa tokoh besar lainnya.

2.Gak Nyangka, Ternyata Punya Keluarga yang Religius

Keluarga Amien Rais adalah keluarga yang memegang teguh ajaran agama islam. Ia tumbuh ditengah keluarga yang aktif dalam salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia, yakni organisasi Muhammadiyah cabang Surakarta, Jawa Tengah.

3. Ternyata Pernah Menjabat Posisi Penting di Pemerintahan

Foto : wartaekonomi.co.id

Amien Rais, selain dikenal sebagai pribadi yang lantang dan cenderung keras dalam mengkritik, dia ternyara pernah menjabat sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 3 Oktober 1999.

4. Memutuskan sebagai Pihak Oposisi

Amien Rais memastikan bahwa partainya, Partai Amanat Nasional akan bergabung dan memutuskan sebagai oposisi dalam periode pemerintahan Jokowi kali ini, beberapa kali juga ia mengkritik setiap kebijakan Jokowi.

5. Penyebab Retaknya Hubungan Amien Rais dan Gusdur

Amien Rais kala itu dengan keras mengecam sikap Gusdur yang memberhentikan mentrinya, yang kala itu adalah Jusuf Kalla dan Laksamana Sukardi pada tahun 2000. Hubungan mereka retak pada 18 Mei 2000, tak lama setelah itu Sidang Istimewa MPR secara resmi menjatuhkan dakwaan terhadap Gusdur.

6. Pernah Ikut Pilpres, Namun Gagal

Foto : madura.tribunnews.com

Pada pemilu tahun 2004, Amien Rais pernah maju sebagai calon presiden bersama Siswono Yudhohusodo. Namun pasangan ini gagal dan hanya meraih suara sebesar 14,66 persen suara saja.

7. Mobil Amien Rais Pernah Ditembak

Pada November 2014, kala itu menjadi tahun yang menggemparkan, mobil Amien Rais ditembak oleh pelaku yang tak dikenal.

Penembak ingin membidik tangki bensil mobil Amien Rais

Dilansir oleh news.detik.com (15/07/2019)

Topic: #mobil
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot