UC News

Bocoran Detail Snapdragon 735 Sudah Terungkap

Bocoran Detail Snapdragon 735 Sudah Terungkap

Gosip yang begitu santer yang terdengar di jagat maya menyebutkan bahwa Qualcomm sedang sibuk untuk mempersiapkan chipset unggulan terbarunya yang bakal jadi penerus Snapdragon 855/Snapdragon 855+. Disebut-sebut, Qualcomm baru akan memperkenalkan chipset tersebut di akhir tahun ini.

Namun informasi yang tak kalah menarik yang masih menyangkut Qualcomm adalah bocoran Snapdragon 735. Ya! Seperti yang diungkap oleh seorang informan bernama Sudhansu Ambhoe lewat akun Twitter miliknya bahwa Qualcomm sedang mempersiapkan chipset penerus Snapdragon 730/Snapdragon 730G.

Dikatakan, chipset Snapdragon 735 dibangun menggunakan teknologi proses 7 nanometer. Ya! Ini sangat berbeda dari arsitektur LLP 8 nanometer yang digunakan oleh Snapdragon 730 dan Snapdragon 730G. Pabrikan chipset asal AS ini telah meluncurkan Snpadragon 730/730G pada bulan April 2019 yang menyasar segmen smartphone kelas menengah.


Disebutkan juga oleh Sudhansu Ambhoe bahwa dirinya telah berhasil membedah spesifikasi Snapdragon 735 dari sebuah dokumen yang berhasil didapatkannya. Bahkan ia menyatakan bahwa ini adalah detail otentik dan sangat berbeda dari rincian yang sebelumnya sudah bocor di internet.

Detail baru mengungkap bahwa chipset Snapdragon 735 berjalan dengan code name SM7250. Chipset ini akan menggunakan inti Kryo berbasis Cortex-A76 dengan clock speed 2,36 GHz dan core kedua juga serupa, tetapi memiliki clock speed yang berbeda, yakni 2,32 GHz.

Disebutkan juga, chipset ini memiliki pengaturan Octa-core, sehngga sisa CPU terdiri dari enam unit Cortex-A55 dengan clock speed 1,73 GHz. Di dalamnya juga sudah terintegrasi GPU Adreno 620 untuk mendongkrak kinerja grafis. Ya! Kemungkinan ini adalah upgrade dari Adreno 618 yang digunakan pada Snapdragon 730.

Lantas, kapan chipset ini akan diperkenalkan oleh Qualcomm? Sayangnya Sudhansu Ambhoe tidak mengungkap hal itu. Di sisi lain, Qualcomm juga belum mengonfirmasi hal ini. Namun, diperkirakan chipset ini akan diperkenalkan pada akhir tahun ini bersama dengan chipset unggulannya.

Berbicara Snapdragon 730/Snapdragon 730G, chipset ini begitu populer di mata para produsen smartphone. Ya! Samsung begitu percaya diri untuk menjebloskan Snapdragon 730G ke dalam tubuh Samsung Galaxy A80. Produsen lainnya adalah OPPO yang mengemas OPPO Reno2 dan realme yang baru saja merilis realme X2.

Via: Gizmochina

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot