UC News

Dimatikan Besok, Bagaimana Nasib Pengguna Windows 7?

Dimatikan Besok, Bagaimana Nasib Pengguna Windows 7?
microsoft.com

Tinggal satu hari lagi kesempatan bagi para pengguna PC berbasis Windows 7 untuk meng-upgrade ke Windows 10. Tanggal 14 Januari 2020, Microsoft tak akan lagi mengurusi Windows 7 sehingga penggunanya tak akan lagi mendapatkan update software tersebut.

Microsoft telah memberikan peringatan kepada para penggun PC berbasis Windows 7 bahwa mulai 14 Januari mereka tidak akan lagi dijamin keamanannya. Bahkan update keamanan yang rutin mereka berikan secara gratis tak akan lagi ada.

Bahkan usai mengumumkan hal itu, vendor software lain yang juga banyak digunakan di PC berbasis Windows 7 langsung memberikan respons. Google misalnya, yang mengatakan akan tetap memberikan dukungan penuh di Chrome yang digunakan oleh pengguna PC Windows 7. Namun dukungan penggunaan Chrome itu hanya akan bertahan selama 18 bulan ke depan.

Peringatan ini sejatinya telah disebar Microsoft saat ada pembaharuan Windows 7 terakhir pada 10 Desember lalu. Peringatan ini akan semakin digencarkan Microsoft pada 15 Januari nanti dengan memunculkan notifikasi di layar bertuliskan ‘Your Windows 7 PC is out of support’.

Notifikasi itu akan muncul bersamaan dengan beberapa pilihan menu, ‘Ingatkan saya nanti’, ‘learn more’ atau ‘don’t remind me again’. Jika pengguna memilih menu terakhir maka notifikasi itu tak akan lagi muncul.

Jadi setelah tanggal 14 Januari, sejatinya pengguna masih bisa menggunakan Windows 7 di PC mereka hanya saja, keamanannya tidak lagi dijamin oleh Microsoft. Bahkan update patch secara gratis tidak akan lagi diberikan.

Sedangkan untuk pengguna Windows 7 kategori bisnis atau perusahaan, Microsoft masih akan memberikan support sampai tiga tahun ke depan, asalkan membeli Extended Security Updates. Pembelian itu berlaku untuk satu PC saja sehingga diyakini harganya akan cukup mahal.

Bagi pengguna yang membeli Windows Virtual Desktop, akan diberikan juga software pembaharuan keamanan Windows 7 untuk masa berlaku selama 3 tahun.

“Pengguna Office 365 ProPlus masih bisa terus menggunakan perangkat berbasis Windows 7 Extended Security Updates sampai Januari 2023,” kata pihak Microsoft.


Sumber : uzone.id

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot