UC News

Karomah Syaikhona Kholil: Saat Ngaji Malah Menolong Nelayan Madura di Tengah Laut

Syaikhona Kholil Bangkalan adalah salah satu mahaguru para ulama Nusantara. Dari pesantrennya lahir para ulama’ besar yang berperan besar dalam mendidik anak bangsa, seperti Kiai Hasyim Asy’ari, Kiai Abdul Karim Lirboyo, Kiai Wahab Chasbullah, Mbah Maksum Lasem dan lain sebagainya. Sentuhan Syaikhona Kholil menjadikan mereka menjadi para kiai yang berjuang penuh khidmat untuk agama, bangsa dan negara.

Syaikhona Kholil dikenal dengan beragam karomahnya. Bahkan pada saat yang tak terpikirkan sekalipun, Syaikhona Kholil justru muncul karomahnya. Dikisahkan, saat itu beliau sedang mengaji bersama para santri. Secara toba-tiba, beliau basah kuyup dan langsung meninggalkan majlis untuk ganti baju.

Para santri tentu saja bingung, saat itu tidak sedang hujan. Syaikhona Kholil juga tidak sedang khusyu’ ngaji, tapi kok badannya basah kuyup. Peristiwa itu menjadi misteri pertanyaan para santri, sebenarnya apa yang terjadi dengan Syaikhona Kholil sang guru tercinta?

Sekitar setengah bulan dari peristiwa ini, tabir itu akhirnya terbuka. Datang seorang nelayan yang ingin bertemu dengan Syaikhona Kholil.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Syaikhona Kholil yang telah menolong saya saat perahu saya pecah ketika sedang melaut. Tolong antarkan saya untuk bisa sowan kepada beliau,” kata nelayan itu kepada santri. Akhirnya diantarlah nelayan itu kepada Syaikhona Kholil.

Berita kedatangan nelayan itu akhirnya ramai jadi pembicaraan para santri. Mereka yakin bahwa nelayan itulah yang ditolong Syaikhona Kholil saat ngaji dan akhirnya basah kuyup. Saat mengaji itu, ternyata Syaikhona Kholil mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyelamatkan nelayan yang mau tenggelam. Subhanaallah, itullah karomah seorang kekasih Allah.

(Sumber: bangkitmedia.com)

Karomah Syaikhona Kholil: Saat Ngaji Malah Menolong Nelayan Madura di Tengah Laut
Referensi pihak ketiga


Topic: #agama
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot