UC News

Kendaraan Dinas Kemenhub akan Beralih ke Mobil Listrik

Dikutip dari https://www.cintamobil.com (17/02/2020)- Kendaraan dinas Kemenhub akan beralih menggunakan mobil listrik. Sudah sekitar 100 unit mobil listrik yang dipesan oleh Menteri Perhubungan. Namun tipenya apa belum dibocorkan

Era mobil listrik di Indonesia dipastikan bakal semakin ramai. Setelah sejumlah produsen otomotif menggelontorkan produk-produk bermesin elektrik, lalu disusul perusahaan taksi online, kini mobil listrik juga akan dipakai untuk mobil kendaraan dinas pemerintah.

Adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) yang sudah mencanangkan bakal mengganti kendaraan dinas mereka menjadi mobil elektrik. Ditargetkan bakal ada 100 unit mobil listrik yang akan digunakan pihak Kemenhub RI.

Digunakan untuk Pejabat Kemenhub

Kendaraan Dinas Kemenhub akan Beralih ke Mobil Listrik
Referensi pihak ketiga

Pertama akan dipakai untuk para Pejabat Eselon I dan II

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI menjelaskan, pihaknya telah memesan 100 unit mobil listrik. Mobil-mobil tersebut nantinya akan menjadi kendaraan dinas Kemenhub yang baru. "Kami sudah memesan 100 kendaraan listrik," kata Budi seperti dikutip dari Kompas.

Ia menuturkan, kendaraan dinas itu nantinya akan dipakai untuk jajaran pejabat di Kemenhub. Seperti pejabat Eselon I dan pejabat Eselon II. Namun ia menyebut, tidak menutup kemungkinan mobil listrik akan dipakai untuk semua karyawan Kemenhub nantinya.

Demi Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Referensi pihak ketiga

Belum dipastikan mobil lsitrik apa yang akan dipakai Kemenhub

Budi juga menjelaskan penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas Kemenhub ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik. Karena sampai saat ini penggunaan kendaraan listrik di Indonesia masih sangat kecil bahkan belum menyentuh 5 persen dari populasi kendaraan yang ada di Nusantara.

Budi juga menjelaskan, sebenarnya ada banyak manfaat saat menggunakan kendaraan listrik. Selain lebih ramah lingkungan, pemerintah juga telah menyiapkan keringanan untuk para pengguna kendaraan listrik. Misalnya pajak yang lebih murah.

"Saat ini penggunannya masih kurang dari 5 persen. Tapi kalau kita lakukan insentif mulai dari pejabat negara, saya pikir perkembangannya akan cepat sekali," tukas Budi. (https://www.cintamobil.com)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot