UC News

Kisah Mistis dari Dunia Militer Indonesia Ini Sukses Bikin Kamu Merinding!

Kisah Mistis dari Dunia Militer Indonesia Ini Sukses Bikin Kamu Merinding!

Mitos tentang berbagai hal yang berbau dunia mistis dapat kita temui di mana saja. Di rumah sendiri, di rumah teman, bahkan di sekolah sekalipun. Hal itu tidak terlepas dari sekat dinding yang tipis antara dunia gaib dan dunia nyata. Begitu halnya dengan tempat di mana para prajurit yang gagah ditempa untuk menjadi para pengawal bangsa.

Faktanya cukup banyak kisah dari dunia militer yang memiliki cerita mistis tersendiri. Tidak percaya? Berikut ini beberapa kisah mistis dari dunia militer di Indonesia.

Taruna merah

m.kwikku.com

Kisah mistis dari dunia militer Indonesia yang pertama dikenal dengan sebutan Taruna Merah. Kisah ini berasal dari salah satu institusi militer yang ada di Magelang, yakni Akademi Militer Magelang.

Diketahui bahwa Akmil ini telah berdiri sejak tahun 1945 di bawah perintah Staf Umum Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Kisah dari Taruna Merah sendiri berawal dari kematian seorang taruna yang bernama Moh. Socheh.

Taruna asal Solo ini dikenal sebagai ahli bela diri dengan tangan kosong serta memiliki kemampuan supranatural. Sayangnya, ia meninggal ketika tengah mengikuti ujian dopper, nama lain dari ujian merayap sambil ditembaki peluru tajam oleh para pelatih di institusi tersebut.

Kejadian bermula ketika Socheh terkejut karena ada ular yang hendak mematuknya di tengah-tengah ujian. Sontak dia pun langsung mengangkat kepalanya untuk menghindari patukan ular.

Nahasnya pada waktu yang sama, salah seorang pelatih tengah menembakkan peluru tajam dan akhirnya peluru tersebut tepat mengarah ke helm baja yang dikenakannya. Wajahnya pun berlumuran darah dan Socheh seketika meninggal di tempat.

Sejak saat itulah mulai banyak penampakkan di tempat tersebut yang mana sosoknya mengenakan baju seragam taruna lusuh dan robek-robek lengkap dengan topi baja berlubang serta muka yang berlumuran darah.

Orang-orang pun meyakini jika sosok tersebut merupakan arwah dari Socheh hingga akhirnya penampakan itu dikenal dengan nama Taruna Merah.

Selain itu, muncul juga himbauan kepada para taruna untuk mengindahkan segala suara yang berasal dari dalam WC bangsal. Suatu ketika pernah ada taruna yang malahan membuka pintu setelah mendengar suara rintihan dari dalam WC bangsal.

Taruna tersebut terkejut bukan main lantaran melihat sosok taruna Socheh. Banyak pula yang menceritakan pengalamannya ketika mengikuti seleksi Akmil di tempat tersebut.

Uniknya, para calon taruna yang diganggu-baik melalui mimpi atau bertemu secara langsung-oleh sosok taruna merah rata-rata dinyatakan lulus ujian.

Suara drumband di Yogyakarta

www.inovasee.com

Bagi warga Yogyakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan kisah yang satu ini. Biasanya suara drumband akan terdengar pada pagi buta di beberapa titik yang ada di Yogyakarta.

Uniknya, mereka yang berada di wilayah utara menyebut bahwa suara drumband berasal dari selatan. Akan tetapi mereka yang berada di selatan menyebut sebaliknya. Demikian halnya dengan mereka yang tinggal di wilayah barat dan timur.

Beberapa orang meyakini jika suara drumband yang terdengar pada pagi buta itu merupakan suara dari genderang pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang dalam perjalanan menuju Kraton Yogyakarta atau sebaliknya.

Mitos pun bermunculan tentang hal ini. Salah satu mitos yang dipercaya banyak orang adalah jika yang mendengar suara drumband gaib ini adalah para pendatang, maka mereka diyakini akan segera betah untuk menetap di Yogyakarta.

Bahkan mereka pun akan mendapatkan jodoh orang Yogyakarta. Benar atau tidaknya mitos ini pun masih simpang siur. Salah satu teori yang masuk akal tentang suara gaib tersebut, yakni tentang pelatihan drumband yang memang tengah dilakukan oleh taruna AAU.

Pasalnya mereka akan memulai latihan militer sejak pukul 4 hingga setengah 5 jika ada penampilan dan normalnya mereka akan mulai berlatih sejak pukul 5 hingga 6.

Sementara jumlah taruna yang berlatih kurang lebih 300 orang. Ditambah lagi kampus AAU terletak hanya 8 km dari pusat kota. Suasana yang tenang di pagi Yogya pun membuat suara tersebut terdengar cukup jelas.

Tandu Jenderal Soedirman

historia.id

Kisah seram yang terakhir berasal dari tandu Panglima Soedirman. Setiap calon taruna tentu pernah menjalani RPS, yakni napak tilas rute Jenderal Soedirman kala melakukan penyerangan secara gerilya terhadap pasukan Belanda.

Rute RPS ini sendiri bervariasi. Biasanya start akan dimulai dari Pantai Selatan Yogyakarta menuju Magelang melalui jalanan beraspal hingga berbatu. Salama RPS ini, para calon taruna pun akan kebagian tugas untuk menggotong tandu yang disebut dengan tandu Eyang Dirman.

Tentu saja tandu tersebut hanya replika dari tandu yang digunakan Jenderal Soedirman dulu. Meski demikian, nilai historis dari tandu tersebut sangatlah besar. Pun dengan nilai mistisnya.

Hal itu berkaitan dengan larangan bagi para calon taruna untuk menoleh ke belakang ketika tengah menggotong tandu. Para calon taruna pun diminta untuk membersihkan hati dan ikhlas untuk menggotong tandu Eyang Dirman tersebut.

Pernah ada satu taruna yang lupa akan larangan itu. Ketika ia beserta rekannya tengah menggotong tandu, calon taruna tersebut merasa tandu semakin berat. Ia pun secara reflek menoleh ke belakang.

Tak lama taruna tersebut berteriak dan hingga kemudian pingsan. Setelah sadar, ia pun bercerita pada saat ia menoleh ke belakang, ia melihat sosok mirip Jenderal Soedirman di dalam tandu tersebut.

Itu dia beberapa kisah mistis tentang dunia militer di Indonesia. Pernah punya pengalaman mistis yang serupa? Silakan bercerita di kolom komentar, ya!

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot