UC News

Seperti Lalat Tumbang di Pinggir Jalan, Beredar Video Warga Wuhan Ambruk di Kerumunan, Diduga Terjangkit Virus Corona, Seberapa Menakutkan Virus Asal China?

Laporan wartawan GridHot.ID, Dewi Lusmawati

GridHot.ID - Dunia digemparkan dengan wabah misterius yang muncul dari daratan Tiongkok.

Ilmuwan menyebut penyakit ini dengan sebutan Coronavirus atau virus corona.

Penyakit misterius ini telah menjadi ancaman nyata di Tiongkok, dan hingga kini belum bisa dipastikan penyebabnya.

Baca Juga: Suka Nyelonong Sembarangan, China Berhasil Dibuat Gusar dengan Kehadiran Kapal Perang Rongsokan Milik Filipina, Ini Alasannya

Namun, berdasarkan penelusuran South China Morning Post, ada indikasi terkait makanan-makanan yang berasal dari hewan-hewan eksotis.

Di China sendiri, virus corona baru sudah menewaskan 17 orang dan menginfeksi hampir 600 lainnya.

Pemerintah Kota Wuhan dan Huanggang hari mengisolasi wilayah mereka untuk mencegah penyebaran virus.

Baca Juga: Kena Karma Usai Nyelonong Masuk Natuna, China Kini Mencak-mencak Lantaran Kapal Perang AS Berlayar di Selat Taiwan, Nyali Militernya Ciut Tak Berani Balik Menghadang

Sebuah video detik-detik warga Wuhan tumbang di pinggir jalanpun beredar luas.

Hal ini seperti dikutip GridHot.ID dari unggahan akun Twitter @arslan_hidayat yang mengunggah sebuah video pada 24 Januari 2020.

Seperti Lalat Tumbang di Pinggir Jalan, Beredar Video Warga Wuhan Ambruk di Kerumunan, Diduga Terjangkit Virus Corona, Seberapa Menakutkan Virus Asal China?

"Orang-orang #Wuhan benar-benar jatuh seperti lalat di seluruh kota.

Seperti sesuatu yang keluar dari film horor.

#WuFlu #WuhanPneumonia," ujar akun @arslan_hidayat dalam bahasa inggris.

Baca Juga: Beberapa Kali Coba Disikut Otoritarian Tiongkok, Presiden Wanita Ini Tetap Keukeuh Pertahankan Kedaulatan Negaranya, Tegas Tolak Prinsip 'Satu China'

Dalam video amatir pertama berdurasi 15 detik, nampak seorang pria tumbang di pinggir jalanan ramai.

Tim medis yang datang dengan ambulans langsung mengevakuasi.

Baca Juga: Berjuluk Monster Lautan, Ini Penampakan Kapal Gahar Milik Bakamla Indonesia, Dilengkapi Kamar Jenazah Hingga Ruang Tahanan, Siap Adu Banteng dengan Coast Guard China di Natuna

Sementara dalam video kedua, nampak seorang pria tumbang dan segera dievakuasi tim medis.

Pria tersebut tampak tumbang di dalam ruangan, dengan disaksikan banyak orang yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa.

"2-
Orang-orang #Wuhan benar-benar jatuh seperti lalat di seluruh kota.

Seperti sesuatu yang keluar dari film horor.

Baca Juga: Pelan Tapi Pasti, Ternyata Diam-diam prabowo Sudah Siapkan Strategi Jitu Hadapi Kapal-kapal China di Natuna, Pakai Cara Ini Sebelum Terjunkan Tentara

#WuFlu #WuhanPneumonia," ujar akun @arslan_hidayat dalam bahasa inggris.

Tak hanya itu, sejumlah rekaman video amatir juga menunjukkan banyak warga Wuhan tumbang di berbagai area publik, mulai dari ruang tunggu, parkiran hingga di tengah jalan raya saat berkendara.

Penyebaran virus corona baru semakin meluas.

Baca Juga: Dunia Internasional Kaget Ada Kapal Perang Indonesia Hadapi Coast Guard China di Natuna, Pakar Bela TNI AL: Siapa Duluan yang Bensinnya Habis Akan Keluar

Bahkan, dikutip dari Kontan, seorang perawat asal India yang bekerja di sebuah rumahsakit di Arab Saudi Selatan positif terinfeksi virus mematikan itu.

"Sekitar 100 perawat India, sebagian besar dari Kerala, yang bekerja di RumahSakit Al-Hayat telah menjalani tes dan tidak ada kecuali satu perawat ditemukan terinfeksi virus corona," kata Menteri Luar Negeri India V. Muraleedharan.

"Perawat yang terkena virus corona sedang dirawat di Rumahsakit Nasional Aseer dan sedang dalam pemulihan," ujar Muraleedharan dalam kicauannya di Twitter, Kamis (23/1/2020), seperti dikutip Reuters.

Belum ada pernyataan resmi dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi atas kasus yang menimpa perawat dari India yang bekerja di sebuah rumahsakit di negeri petro dolar tersebut.

Baca Juga: Dunia Internasional Kaget Ada Kapal Perang Indonesia Hadapi Coast Guard China di Natuna, Pakar Bela TNI AL: Siapa Duluan yang Bensinnya Habis Akan Keluar

Kasus di India ini menambah panjang daftar negara yang menjadi penyebaran virus yang berasal dari Kota Wuhan, China, itu. Sebelumnya, Singapura mengonfirmasi kasus pertama virus corona.

Melansir Channelnewsasia.com, Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan, pasien itu adalah pria asal Wuhan, China. Dia tiba di Singapura bersama keluarganya pada Senin (20/1/2020) lalu.(*)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot