UC News

Tajir Melintir! 14 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Tajir Melintir! 14 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Menyandang gelar sebagai orang terkaya, pasti membutuhkan usaha yang super tinggi. Sebutan "orang kaya" saja bagi sebagian besar orang sudah cukup berat, apalagi "orang terkaya". Sudah pasti dari segi materi tidak perlu dipertanyakan lagi. Pundi-pundi uang selalu mengalir ke kantong mereka.

Untuk mengetahui daftar orang terkaya, biasanya dilakukan survei ketat yang melibatkan banyak aspek perhitungan. Salah satu media yang menyediakan perhitungan tersebut adalah Majalah Forbes. Setiap tahunnya, Forbes akan memberikan daftar orang terkaya di Indonesia, Asia juga dalam skala dunia.

Daftar Orang Terkaya di Indonesia Saat Ini

Forbes adalah majalah bisnis dan finansial yang berasal dari Amerika Serikat. Didirikan pada 1917, majalah ini terkenal akan daftar orang-orang kaya atau kumpulan orang kaya yang dirilisnya setiap tahun. Berikut 14 daftar orang terkaya di Indonesia 2020 yang patut kamu tahu.

1. Winarko Sulistyo

akurat.co

Orang terkaya di Indonesia 2020 pertama ada Winarko Sulisty, salah satu pendiri dari perusahaan multinasional di Indonesia, PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW). Perusahaan yang berdiri tahun 1988 ini bergerak di bidang manufaktur pembuatan kertas kemasan yang kini berkedudukan di Jakarta.

Selain itu, Winarko juga memiliki perusahaan kertas lain yakni PT Surabaya Agung Industri Pulp & Kertas Tbk (SAIP) yang didirikannya pada tahun 1973 meski telah memasuki masa pailitnya. Winarko Sulistyo memiliki banyak aset dan memiliki kekayaan mencapai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp17,6 triliun dan menempati urutan ke-15 miliuner Indonesia versi Forbes.

Baca Juga: Bukannya Pilih Hunian Mewah, Orang Paling Kaya di Dunia Justru Tinggal di Gedung Bekas Museum 

2. Low Tuck Kwong

www.cermati.com

Low Tuck Kwong lahir di Singapura dan berkebangsaan Indonesia sejak menetap pada tahun 1972. Ia merupakan pemilik perusahaan Bayan Resources, sebuah perusahaan pertambangan batu bara di Indonesia.

Ia berada di peringkat ke-14 orang terkaya Indonesia dengan kekayaan US$ 1,1 miliar atau setara Rp 17,6 triliun versi majalah Forbes.

3. Sukanto Tanoto

www.minews.id

Orang terkaya di Indonesia saat ini selanjutnya ada Sukanto Tanoto yang masuk daftar ke-13 versi majalah Forbes dengan kekayaan sebesar US$ 1,2 miliar atau setara Rp 19,2 triliun. Ia memiliki sederet bisnisnya yang bergerak di bidang manufaktur, migas, kelapa sawit, dan sebagainya yang tergabung dalam grup Royal Golden Eagle (RGE).

Beberapa perusahaanya sebut saja Asia Pasific Resources International Holding Ltd dan Asia Symbol yang sukses di sektor manufaktur pulp dan kertas. Ada pula Sateri International dan APR yang merupakan produsen rayon dan pulp. Belum lagi Asian Agri dan Apikal yang merupakan perusahaan minyak kelapa sawit, serta Pasific Oil & Gas yang bergerak di bidang migas.

4. Djoko Susanto

postingankeren.com

Mungkin tak banyak ang tahu jika orang terkaya ke-12 di Indonesia ini tak lulus SMA. Djoko Susanto dulunya mengelola warung-warung makanan dan menjajakan rokok dengan membuka beberapa warung kelontongan.

Kesuksesannya membuka beberapa jaringan warung berbuah manis dan menarik perhatian taipan pengusaha rokok Putera Sampoerna. Selanjutnya keduanya bekerja sama membuka beberapa toko dan supermarket.

Djoko sukses mengembangkan bisnis ritelnya yakni Alfamart yang keberadaannya kini mencapai 16.000 gerai di seluruh Indonesia. Dari bisnis waralaba ini ia mengantongi kekayaan hingga US$ 1,2 miliar atau setara Rp 19,2 triliun.

5. Theodore Rachmat

www.wartaekonomi.co.id

Theodore Rachmat memperoleh sumber kekayaan dari Triputra Group yang didirikannya pada 1998. Perusahaan ini bergerak di berbagai bidang, mulai dari agribisnis, manufaktur, dan pertambangan.

Orang terkaya di Indonesia ini juga menjabat sebagai CEO Astra International, perusahaan yang didirikan oleh pamannya, William Soeryadjaya pada tahun 1968. Theodore Rachmat memiliki kekayaannya yang tercatat US$ 1,2 miliar atau setara Rp 19,2 triliun.

6. Murdaya Poo

www.cermati.com

Murdaya Poo masuk daftar orang terkaya ke-10 di Indonesia dan memulai karirnya dari berjualan koran. Lewat kerja kerasnya, ia berhasil mendirikan Central Cipta Murdaya, perusahaan yang bergerak pada bidang produsen kayu, investasi perkebunan, kelapa sawit, teknologi informasi, dan sebagainya.

Murdaya juga merupakan pemilik Jakarta Convention Centre (JCC) dan meraup banyak keuntungan dari 100 event per tahun yang diadakan di JCC. Tak heran jika kekayaannya tercatat US$ 1,2 miliar atau setara Rp 19,2 triliun.

7. Peter Sondakh

www.suratkabar.id

Daftar orang terkaya di Indonesia ke-9 ada Peter Sondakh, kepala Rajawali Corpora yang merupakan perusahaan investasi yang didirikan pada 1984. Perusahaan ini bergelut di bidang hotel, media, dan pertambangan. Aset lainnya berupa hotel Four Seasons di Jakarta, penyedia layanan internet Velo Networks, dan jaringan TV yakni Rajawali Televisi.

Peter Sondakh memiliki harta kekayaannya US$ 1,6 miliar atau setara Rp 25,6 triliun.

Baca Juga: Viral Orang Terkaya RI Makan di Warung Sederhana, Netizen: Gaji UMR Nongkrong di Starbucks 

8. Mochtar Riady

headtopics.com

Mochtar Riady dikenal karena mendirikan Lippo Group, yang fokus di beberapa bidang usaha seperti properti, ritel, media dan rumah sakit. Jaringan usahanya kini diteruskan ke anak-anaknya yakni James dan Stephen Riady.

Mochtar Riady memiliki harta kekayaan US$ 1,7 miliar atau setara Rp 27,2 triliun yang membuatnya berada di peringkat kedelapan sebagai orang terkaya di Indonesia.

9. Martua Sitorus

www.cermati.com

Martua Sitorus memiliki kekayaan US$ 1,8 miliar atau setara Rp 28,8 triliun yang membuatnya berada di posisi ketujuh dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Semasa muda Martua Sitorus berdagang udang dan mendirikan Wilmar dengan keponakannya yang masuk daftar orang terkaya di Malaysia, Kuok Khoon Hong.

10. Chairul Tanjung

akumenyenangkan.blogspot.com

Tokoh yang akrab disebut dengan si Anak Singkong ini juga masuk ke dalam daftar orang terkaya 2020 ini. Kekayaan yang dimiliki ditaksir mencapai USD 3,1 miliyar atau sekitar Rp 49,6 triliun. Sebagai orang yang pernah menjabat sebagai Menteri Perekonomian dan pemilik perusahaan besar, tak heran jika Chairul Tanjung layak dinobatkan sebagai orang terkaya di negara ini.

Ayah dari Chairul Tanjung adalah seorang wartawan di era orde lama. Ia pernah menjadi Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional di 1984-1985.

Adapun perusahaan yang dinaungi olehnya adalah CT Corp yang memiliki beberapa anak perusahaan seperti Bank Mega, Trans Corp dan juga CT Global Resources. Ia juga mengelola sejumlah waralaba besar dan terkenal di Indonesia seperti misalnya Mango, Wendy's juga Versace. Kamu sudah tahu dong orang terkaya di Indonesia 2020 ini?

11. Prajogo Pangestu

banten.antaranews.com keepo.me

Prajogo Pangestu adalah pendiri dari PT Barito Pacific serta Chandra Asri Petrochemical yang menjadi produsen petrokimia terpadu paling besar di Indonesia. Setelah 20 tahun lamanya, Prajogo Pangestu masuk lagi ke dalam daftar miliyader di Indonesia.

Tokoh yang pernah bekerja sebagai sopir angkutan umum tersebut pernah bekerja di bisnis kayu. Setelah menggeluti bisnis kayu iapun mendirikan PT Barito Pacific. Meskipun pernah mengalami kebangkrutan, ia bisa bangkit lagi dan membuktikan diri sebagai orang yang disegani.

Ia mengumumkan rencana pengembagan pabrik baru dengan teknologi polyethylene Houston Univation Technologies di Banten pada 2016. Kekayaan yang ia miliki yaitu sebanyak USD 3,5 miliyar alias 56 triliun rupiah. 

12. Dato Sri Tahir

headtopics.com

Dato' Sri Tahir adalah seorang tokoh yang bergerak di bidang holding company. Sejumlah unit usaha dimilikinya. Dato' Sri Tahir sendiri dulu dibesarkan oleh orangtua yang membuat becak, lho! Dengan kegigihannya, ia tumbuh dan berkembang menjadi seorang pengusaha.

Selain itu, ia juga merupakan seorang filantropis, investor, real estate, TV berbayar, pemilik rumah sakit dan pendiri dari Mayapada Group. Produk yang dikeluarkan oleh Mayapada Group adalah Bank Mayapada yang didirikan pada 1986. Harta yang dimiliki oleh Dato' Sri Tahir yakni sebanyak USD 4,1 miliyar atau Rp 65,6 triliun dan menjadikannya sebagai orang Indonesia terkaya ke-4 versi majalah Forbes 2020.

13. Sri Prakash Lohia

www.elahan.com

Orang terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Sri Prakash Lohia. Ia adalah pendiri sekaligus ketua dari perusahaan petrokimia, sarung tangan medis, pupuk dan tekstil yang bernama Indorama Corporation.

Lohia sendiri berasal dari Kalkuta, India. Walaupun lahir dan besar di India namun ia menghabiskan hidupnya di Indonesia semenjak 1974. Ia pindah ke Indonesia bersama ayahnya yang bernama Mohan Lal Lohia. Mereka kemudian merintis perusahaan pemroduksi benang pintal bernama Indorama Synthetics.

Perusahaannya kemudian berkembang sehingga memiliki pusat di Singapura yang terintegrasi di Nigeria. Saat ini, perusahaannya menjadi paling besar se-Afrika Barat. Kekayaan dari Sri Prakash Lohia mencapai USD 4,3 miliyar dollar yang setara dengan atau Rp 68,8 triliun. 

14. Robert Budi Haryono dan Michael Haryono

kumparan.com

Orang terkaya no 1 di Indonesia dan nomor dua ada kakak beradik, Robert Budi Haryono dan Michael Haryono yang menduduki puncak orang terkaya di Indonesia selama 12 tahun berturut-turut terhitung sejak 2008.

Budi Hartono menjadi posisi pertama orang terkaya asal Indonesia dengan kekayaan US$ 13,6 miliar atau setara Rp 217,6 triliun (kurs Rp 16.000/US$), sementara Michael Hartono di posisi kedua dengan harta US$ 13 miliar atau setara Rp 208 triliun.

Sumber kekayaan kakak-beradik ini berasal dari PT Djarum atau Djarum Group yang merupakan konglomerasi penggarap banyak lini usaha di berbagai bidang. Djarum Group telah bergerak ke sektor ritel online yang tumbuh cepat seperti mengakuisisi Kaskus, Infokost, Blibli, hingga Bolabob, Mindtalk, DailySocial, Kincir, dan Opini.

Selain itu, kekayaan Hartono bersaudara juga diperolehnya dari saham mayoritas di Bank Central Asia (BCA) yang dibeli setelah krisis keuangan Asia pada tahun 1998. Sudah tahu kan siapa orang terkaya no 1 di Indonesia?

Itulah 14 daftar orang terkaya di Indonesia saat ini yang patut kamu tahu. Dengan harta sebanyak itu, tentu kita bisa melakukan berbagai hal yang positif termasuk menyumbang sebagian keuntungan untuk penuntasan virus corona. Tertarik mengikuti jejak orang terkaya di Indonesia 2020 di atas?

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot