UC News

Teknologi Koneksi Smartphone Yamaha NMAX Mubazir? Kalah Canggih dengan Teknologi TVS

Yamaha akhirnya telah memperkenalkan facelift dari Yamaha NMAX:

Teknologi Koneksi Smartphone Yamaha NMAX Mubazir? Kalah Canggih dengan Teknologi TVS
https://www.yamaha-motor.co.id/all-new-nmax/

Motor memperkenalkan teknologi baru seperti misalnya starter senyap SMG, start stop system, traction control dan koneksi dengan smartphone. Yang penulis ingin bahas adalah fitur koneksi dengan smartphone.

Berikut penjelasan Yamaha di www.yamaha-motor.co.id (11/2019) tentang fitur koneksi tersebut:

Teknologi Comunication Control Unit (CCU) merupakan pertama di motor buatan Indonesia dan terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth.
Fungsi utamanya adalah : 1. Phone & Message Notification 2. Parking Location 3. Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery(Accu)) 4. Fuel Consumption 5. Malfunction Notification

Berikut aplikasinya:

https://www.yamaha-motor.co.id/all-new-nmax/

Penulis menganggap bahwa fitur yang diberikan Yamaha ini mubazir.

Mengapa?

Kita bisa melihat dari fungsi tersebut satu persatu. Yang pertama adalah koneksi dengan ponsel memungkinkan pengendara mengetahui adanya pesan baru ataupun telpon. Mungkin fitur ini berguna bila fitur ini muncul beberapa tahun yang lalu. Untuk saat ini fitur ini bisa dibilang mubazir karena kebanyakan orang, apalagi ABG sudah tidak lagi menggunakan telpon dan pesan. Untuk berkomunikasi mereka mempergunakan facebook, whatsapp atau line. Dan sepertinya aplikasi Yamaha tidak menangkap pesan tersebut.

Lalu fitur lokasi parkir. Fitur ini bisa mubazir untuk motor karena tentunya akurasi dari GPS masih buruk untuk sebuah lokasi parkir, dikatakan sekitar 20 meter. Mencari motor di 20 meter sama saja sia - sia karena posisi parkir motor di Indonesia yang rapat.

Rekomendasi maintenance juga mubazir karena tentunya pesan ini bisa dibaca di dashboard motor tanpa harus melihat smartphone. Konsumsi bahan bakar juga duplikasi dengan yang di dashboard.

Informasi malfunction sepertinya juga hanya berguna bagi mekanik bengkel kecuali bila disebutkan juga penjelasan perkiraan masalah yang terjadi. Sementara itu biasanya penjelasan resmi sangat minim dan tidak berguna menyelesaikan masalah.

Akan lebih bagus bila Yamaha juga menyertakan navigasi pada dashboard motor. Namun sayangnya tidak:

https://7leopold7.com/2019/12/03/welcome-new-nmax-155-matic-pertama-yg-connected-di-kelasnya-traction-control-perlu/

Ini membuat motor Yamaha NMAX kalah canggih dengan TVS Ntorq 125:

http://www.motorworldindia.com/tvs-ntorq-125-roadtest-review/

Dashboard Ntorq sudah dilengkapi navigasi:

https://www.autox.com/news/bike-news/tvs-ntorq-a-quick-review-of-the-onboard-connectivity-features-103510/

Aplikasi juga bisa memperlihatkan kecepatan dan mencatat perjalanan:

https://www.autox.com/news/bike-news/tvs-ntorq-a-quick-review-of-the-onboard-connectivity-features-103510/

Sumber:

www.yamaha-motor.co.id/product/nmax-155-abs/

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot