UC News

Terlalu Blak-blakan, Surat Izin Siswi SMA di Tegal Sukses Bikin Satu Kelas Ngakak!

Terlalu Blak-blakan, Surat Izin Siswi SMA di Tegal Sukses Bikin Satu Kelas Ngakak!

Pada umumnya surat izin berisi pemberitahuan tak masuk sekolah karena ada urusan keluarga atau izin sakit. Lain halnya dengan salah satu siswi SMAN 1 Tegal ini. Siswi yang dirahasiakan identitasnya itu justru terlalu jujur saat membuat surat izin.

Ia menuliskan alasan tidak masuk sekolah lantaran bangun kesiangan usai menonton panjat pinang. Teman-temannya tertawa saat pertama kali membuka surat izin itu dan akhirnya dibacakan di depan kelas yang membuat seisi ruangan ikut tertawa.

Viral di media sosial

jateng.tribunnews.com

Surat izin dari salah satu siswi SMAN 1 Tegal ini menjadi viral karena isi surat yang dinilai terlalu jujur. Isi surat yang ditujukan kepada wali kelas XI Mipa 7 tersebut berbunyi sebagai berikut:

“Memberitahukan bahwa siswi di atas izin tidak dapat mengikuti kegiatan belajar dikarenakan semalam nonton panjat pinang hingga larut sehingga bangun kesiangan.”

Tak lama kemudian surat izin itu tersebar luas dan ramai dibagikan di WhatsApp pada Senin (19/8) kemarin hingga viral di media sosial. Isi surat izin itu sukses membuat siapa saja yang membacanya tertawa sekaligus heran.

Pernyataan dari pihak sekolah

jateng.tribunnews.com

Keaslian surat itu dibenarkan oleh Pembina kesiswaan SMAN 1 Tegal, Ali Afifi. Ali menyebut surat itu benar ditulis oleh salah satu siswinya. Siswi yang bersangkutan memang tidak masuk pada hari Senin (19/8) lalu sehingga menitipkan surat untuk wali kelasnya.

“Ditunggu teman-temannya kok tidak berangkat, kemudian ada surat,” ujar Ali dikutip dari Detikcom.

Saat wali kelas belum hadir, teman-temannya membuka surat dan sontak tertawa dengan isinya. Surat izin itu lalu dibacakan di depan kelas hingga membuat tertawa seisi kelas. Berniat untuk jujur, namun isi surat izin itu justru menjadi bahan tertawaan.

“Dibuka teman-temannya kok isinya begitu. Satu kelas tertawa semua,” imbuhnya.

Salah seorang siswi juga langsung memfoto surat izin tersebut dan dibagikan ke WhatsApp teman-temannya.

Isi surat yang terlalu jujur

www.hipwee.com

Menurut Ali, niat siswi menuliskan alasan sesungguhnya mengapa ia tidak berangkat sekolah merupakan tindakan yang jujur, tapi juga tidak tepat. Hal ini karena berhubungan langsung dengan kedisiplinan. Tak seharusnya siswi bangun kesiangan dan tak berangkat sekolah hanya karena menonton panjat pinang.

“Iya, jujur baik. Cuma kenapa kok tidak masuk sekolah gara-gara panjat pinang. Niat si anak jujur tapi yang tertangkap adalah kesan lucu,” kata Ali.

Siswi boleh izin jika ada urusan keluarga yang tak bisa ditinggalkan atau karena sakit, itu pun harus disertai surat dokter. Melihat isi surat izin yang ditulis siswi itu juga tak memenuhi standar penulisan surat izin.

“Bahasanya pun harus formal, jangan bahasa alay. Siswa 'kan juga diajarkan penulisan formal,” tutup Ali.

Niatnya ingin jujur, namun malah mengundang tawa seisi kelas. Alasan bangun kesiangan karena menonton panjat pinang menunjukan bahwa siswi itu tidak disiplin. Apalagi zaman sekarang semua orang memiliki handphone yang di dalamnya terdapat aplikasi alarm. Tapi kalau pada dasarnya orangnya malas, meskipun sudah pasang alarm tetap saja tidak akan bangun.

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot