UC News

Waspadalah, Begini Cara Bobol Akun WhatsApp Melalui Panggilan Telepon!

Waspadalah, Begini Cara Bobol Akun WhatsApp Melalui Panggilan Telepon!
Copyright©DNAindia

Cara Bobol WhatsApp Dengan Panggilan Telepon

Smeaker.com – Sistem keamanan aplikasi WhatsApp dari waktu ke waktu kian meresahkan. Bahkan beberapa waktu lalu, para pengguna sempat dibuat heboh dengan serangan spyware beridentitas Pegasus. Aksi jahat tersebut dilakukan melalui akses telepon.

Hanya melalui saluran telepon via WhatsApp si pelaku sudah leluasa mengakses ke perangkat si korban. Karsten Nohl selaku ilmuwan di firma riset ikut prihatin dengan insiden tersebut. Ia juga sempat mengatakan jika para peretas tersebut melakukan aksinya menggunakan protocol voice-over-internet untuk menghubungkan perangkan miliknya ke perangkat si korban.

Selain itu, Karsten juga sempat mengatakan jika semakin banyak data yang ada pada aplikasi WhatsApp maka semakin besar pula celah mereka untuk membobol akun milik korban. Hal serupa juga dikatakan oleh pihak penasihat keamanan Facebook, yang sempat mengatakan jika sistem keamanan WhatsApp semakin rentan dengan adanya banyak jenis bug umum atau buffer overflow.

Normalnya buffer ini hanya digunakan untuk menyimpan data tambahan saja. Keberaaan buffer tersebut dijadikan jembatan bagi para peretas untuk melakukan aksi jahatnya. Dimana mereka membuat buffer menjadi banyak muatan sehingga kondisi smartphone menjadi crash.

Bahayanya lagi, kondisi tersebut malah dijadikan celah bagi para peretas untuk mengakses akun WhatsApp milik si korban. Melalui kondisi buffer yang kelebihan muatan ini, si peretas akan mengeksploitasi dalam bentuk panggilan VoIP.

Setelah itu mereka mulai mempersiapkan sisem untuk menginput sejumlah data dari pemilik WhatsApp melalui panggilan diangkat, tolak panggila dan lainnya. Perlu untuk diketahui pula jika salah satu spyware yang sering digunakan oleh peretas adalah melalui celah VoIP bernama Pegasus.

Secara garis besar, VoIP bernama Pegasus ini dapat menginput data WhatsApp hanya melalui panggilan di tolak. Disamping itu spyware bahkan juga bisa mengaktifkan beberapa fitur milik korban seperti mikrofon, kamera serta menvuri beberapa data penting meski panggilan tersebut tidak diangkat oleh korbannya.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot